Mohon tunggu...
Otomotif

Pengertian Resistor, Jenis-jenis Resistor, dan Fungsi Resistor

29 Agustus 2018   22:08 Diperbarui: 29 Agustus 2018   23:18 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pengertian Resistor, Jenis-jenis Resistor, dan Fungsi Resistor
(azaranups.com)

Resistor adalah komponen elektronika yang banyak kita lihat pada  komponen elektronik. umumnya, komponen elektronika pasif ini bisa kita  lihat dan kita jumpai pada mesin elektronik seperti televisi, radio, dan  masih banyak lagi yang lainnya. resistor tersebut tersusun dari  beberapa gelang warna yang menjadi hitungan representasi sebuah nilai  hambatan atau resistensi.

Fungsi dari nilai hambatan ini Tentunya ialah  untuk membatasi serta mengatur besaran arus listrik yang ada pada  rangkaian elektronika tersebut. di dalam bahasa Indonesia, resistor yang  notabennya disebut sebagai tahanan atau hambatan. hal ini bisa  dilambangkan menggunakan huruf "R"dengan satuan hambatan OHM

Mungkin salah satu dari kalian sudah pernah mengenal namanya resistor  pada pelajaran sekolah khususnya SMK jurusan elektronik, kita akan  menemukan materi yang berisi pengertian resistor, fungsi dari resistor,  jenis dari resistor, serta kode warna dari resistor tersebut. selain itu  kita juga harus mampu untuk merangkai sebuah rangkaian elektronik  dengan hambatan-hambatan tertentu. untuk menentukan sebuah nilai  hambatan Hal inilah kita harus menggunakan resistor.

Jika kalian sudah pernah membaca tentang hukum OHM  pada pelajaran sekolah maka kita akan menemukan fakta bahwa nilai  tegangan resistor akan dibandingkan lurus dengan aliran arus listrik.

Dalam pertemuan kali ini kita akan mempelajari lebih dalam tentang Apa  itu resistor, fungsi dan jenis-jenis resistor serta berbagai renang  warna resistor untuk lebih jelasnya silahkan kalian simak artikel di  bawah.

Pengertian resistor

Resistor bisa juga diartikan sebagai hardware komponen elektronika  pasif pada sebuah rangkaian elektronik dan juga mempunyai nilai hambatan resistensi tertentu. nilai hambatan ini berfungsi sebagai pembatas dan  bisa mengatur arus listrik yang melewati. resistor bisa kita  Deskripsikan dan juga memiliki bentuk bulat panjang dan mempunyai  beberapa gelang warna. setiap warna pada resistor mempunyai nilai  sendiri sendiri dan bisa dihitung menggunakan rumus rumus tertentu.

Para penemu resistor pada zaman dulu yaitu  "Georg Simon Ohm" beliau adalah seorang Fisikawan asal Jerman yang pada  masanya diakui sebagai salah satu Fisikawan yang mahir. selanjutnya  dari nama tersebut kita juga mengenal besaran resistor dengan nilai  satuan Ohm.

Komposisi dari resistor tersebut terbuat dari isolator, sehingga resistor mampu menghambat arus listrik yang melewati nya.  resistor juga bekerja berdasarkan atas hukum OHM yang mempunyai arti  nilai resistansi atau hambatan akan berbanding lurus dengan aliran arus  listrik pada sebuah rangkaian elektronik.

Jenis-jenis dari resistor

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3