Mohon tunggu...
Soufie Retorika
Soufie Retorika Mohon Tunggu... Penulis - Penyuka seni, budaya Lahat

Ibu rumah tangga, yang roastery coffee dan suka menulis feature, juga jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kemerdekaan Ngopi Petugas Covid

17 Agustus 2021   19:07 Diperbarui: 17 Agustus 2021   19:12 122 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kemerdekaan Ngopi Petugas Covid
foto pribadi kiriman Lili Hastanti, kopi yang diserahkan

Hari Kemerdekaan Indonesia yang kedua kalinya di tahun 2021 ini diperingati dengan suasana Pandemi Covid. Terasa sunyi tanpa suara-suara anak-anak yang berduyun-duyun pergi atau pulang berjalan kaki memenuhi Lapangan Seganti Setungguan, Lahat.

 Lapangan Seganti Setungguan biasanya dipakai untuk upacara bendera peringatan tujuh belas Agustus setiap tahunnya.

Lalu Lalang kendaraan pun terasa sepi, ketika kami melintasi jalan untuk mengantarkan kopi ke Rumah Sakit Umum, Lahat menuju ruang perawatan Covid di Paviliun Bukit Asam.

dok. Indonesian Roaster Guild (IRG), Nusantara Menyangrai, Bersatu Melawan Pandemi
dok. Indonesian Roaster Guild (IRG), Nusantara Menyangrai, Bersatu Melawan Pandemi

Tahun ini adalah tahun ke-2 dari Retorika Coffe N Roastery brand yang kami miliki ikut dalam Nusantara Menyangrai dari acara yang di helat oleh Indonesian Roaster Guild(IRG) yakni komunitas para penyangrai kopi se Indonesia. 

Tujuannya sedekah kopi bagi masyarakat sekitar kedai kopi atau sekitar penyangrai supaya bisa menikmati kopi enak, atau setidaknya supaya tahu bahwa di tempat masyarakat tersebut tinggal tahu bahwa ada tempat ngopi yang enak di daerahnya. Meskipun sambilan berdagang juga dibarengi sedekah. Sedekah kopi ini bertema Bersatu Melawan Pandemi.

Ratusan roastery seluruh Indonesia yang ikut serta termasuk kami Retorika Coffee N Roastery. Dari informasi live youtube IRG pada 17 Agustus 2021 sekitar pukul 09.00 WIB, disampaikan oleh Aziz N bahwa ada penambahan 50 lebih roastery pada tahun ini yang ikut serta dan tergabung dalam IRG.

Cerita tentang sedekah kopi sendiri sudah kami lakukan sejak lama 2018 lalu biasanya setiap Jumatan kami sediakan seduhan bagi yang pulang dari masjid. Tujuan saya bercerita sebetulnya bukan pengen Riya' yang terkadang membuat prasangka masing-masing orang yang membaca akan bergumam.

Ih pamer.

Tapi mengajak orang untuk ikutan bersedekah, ikutan bahagia, ikutan ngopi dan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan