Mohon tunggu...
Sophia Indira
Sophia Indira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka Mengobservarsi,Beropini Dan berdiskusi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Privilege

26 Mei 2022   19:06 Diperbarui: 26 Mei 2022   19:14 248
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

selama beberapa hari ini beranda twitter gue penuh dengan berita maudy ayunda yang menikah secara tiba-tiba ,yang bikin jadi pusat perhatian itu adalah suami maudy yang katanya beruntung banget dapetin seorang maudy ayunda yang jelas cantik,pinter pula ,sukses pula lengkap sudah. dan pastinya warga twitter itu kalo ga ada war / brantem itu ga afdol ada aja pro kontra nya 

sebenernya konflik itu muncul karena banyak yang ngiri sama maudy ayunda termasuk diri gue, siapa yang ga bakal ngiri ya dari standarisasi sosial maudy tuh kek udah ga ada yang bisa ngalahin istilahnya sesuai banget deh kualifikasi nya sama standart masyarakat kita kayak yang  gua sebutin di atas tadi udah cantik,pinter,independent terus jodohnya ternyata oppa-oppa korea ,kpoppers makin halu bisa dapetin orang korea juga jadinya 

mereka warga twitter itu ngiri karena privilege yang maudy punya, maudy bisa s1 di oxford, bisa s2 di standford dan sampe dapetin jodoh oppa-oppa itu ya karena privilage yang dia punya , gua juga percaya kok sama opini ini dan gua juga jadi berpikir ternyata privilege sepenting itu 

gua sendiri bukan orang yang punya Privilege sebesar maudy ayunda tapi gua punya mimpi yang sama kayak maudy gua sempet ovt sama mimpi gua apakah bisa terwujud? wajar dong,gua juga jadi sempet mikir apa mimpi gue ya yang ketinggian? tapi akhirnya setelah gua brainstorming ternyata gua juga bisa punya mimpi kayak maudy tapi mungkin proses nya lebih lama 

kenapa gua bilang proses gua bisa lebih lama? ya karena gue ga punya Privilege yang sama besar kayak maudy, maudy dari SD udah mikirin mau kuliah di harvard jujur gua dulu kecil juga gitu(karena emang dari kecil juga udah ambis anaknya ) bedanya maudy langsung masuk international school sedangkan gue masuk sekolah negri dari situ sebenernya udah kelihatan sih perbedaanya, dari konsumsi pendidikan diri gue sama maudy udah jauh beda .

Maudy juga suka baca buku nah kebetulan diri gua juga sama suka baca buku,tapi kalo maudy baca buku yang di beli di toko buku singapore yang bapaknya rela  PP ( pulang pergi ) cuman buat beli  buku sekoper kalo gua baca buku di perpustakaan sd kalo ga jalan ke gramed cari buku yang plastiknya kebuka, kadang buku yang plastiknya kebuka tuh sebenernya ga relevan  sama apa yang gua mau baca  tapi karena mau ngadem dan cari bahan bacaan ya mau gimana lagi .

ternyata sepenting itu ya Privilege dari segi konsumsi pendidikan antara gue sama maudy aja udah beda jauh, apalagi konsumsi nutrisi yang buat otak maudy lebih cepat berproses ketimbang diri gua. tapi apakah gua ga bersyukur karena tumbuh di Privilege  yang terbatas? gua sangat-sangat bersyukur hidup dan tumbuh dengan Privilege saat ini, mungkin gua / kita melihat Privilege  kita kecil dan udah pasrah, kayak lu bermimpi nih tapi lu udah tau ujungnya. cukup tanamkan pikiran gini aja sih saran gua " kita bisa tapi proses nya aja yang lama " emang butuh kesabaran bisa sesukses maudy dengan Privilege yang terbatas gini .

Sebisa mungkin gua menghargai dan mensyukuri Privilege,salah satu Privilege yang sangat gua syukuri adalah gua tinggal di perkotaan as simple as that tapi itu kalo di jabarin lagi lu akan tau betapa enaknya hidup di perkotaan, kenapa? gua bisa mendapatkan akses informasi dengan mudah, semua serba online simple hidup lu deh pokonya .

kadang emang kita harus sering-sering aware sih sama apa yang kita punya, gua juga lagi belajar nih untuk lebih bisa bersyukur lagi sekecil apapun itu dan ngubah mindset kita tentang Privilage, kita juga punya hak untuk bermimpi sebesar maudy walaupun dengan Privilage  terbatas tinggal kita nya aja bisa gak nih ngembangin Privilage sekecil itu  jadi besar banget 

anyway selamat ya maudy ayunda semoga sakinah mawadah warahman bye.. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun