Mohon tunggu...
Riefchi Wicaksono Haris
Riefchi Wicaksono Haris Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Belajar Menyelamatkan Diri lewat Buku Panduan Evakuasi Banjir Buatan Mahasiswa Undip

11 Agustus 2020   15:03 Diperbarui: 11 Agustus 2020   15:15 12 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Menyelamatkan Diri lewat Buku Panduan Evakuasi Banjir Buatan Mahasiswa Undip
Penyerahan Buku Panduan Evakuasi Banjir ke Kelurahan Kelapa Gading Barat (dok. pribadi)

Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara (11/8/2020) -- Salah satu inovasi yang dilakukan Universitas Diponegoro dalam melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Masyarakat dengan cara melaksanakan  kuliah "Kuliah Kerja Nyata" atau yang biasa disebut KKN,  di domisili masing-masing mahasiswa sehingga dapat berkontribusi kepada daerah asal mahasiswa.

Pada KKN yang dilakukan oleh TIM II Universitas Diponegoro Periode 2020 ini mengambil tema pencegahan COVID-19 dan mendukung Sustainable Development Goals (SDG) yang dicanangkan oleh PBB. Salah satu poin dalam SDG's adalah penanganan perubahan iklim yang memberi dampak bagi banyak kawasan pesisir dan kota-kota besar

Banjir adalah salah satu permasalahan yang dihadapi di kota-kota besar yang salah satunya adalah DKI Jakarta. Salah satu wilayah yang menjadi lokasi KKN yang terletak di DKI Jakarta adalah Kelurahan Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara.

Selama 20 tahun terakhir ini wilayah Kelapa Gading Barat telah mengalami banjir besar selama 5 tahun sekali yang terakhir ini terjadi di awal tahun 2020.

Tersadar akan pentingnya pengetahuan akan tahap-tahap evakuasi diri saat banjir dan kurangnya pengetahuan masyarakat setempat membuat mahasiswa merasa wajib untuk mengedukasi masyarakat di kampung halaman.

Program yang dilakukan adalah pembuatan buku panduan evakuasi diri saat banjir. Pengedukasian masyarakat terhadap tata cara evakuasi diri saat banjir rencananya akan dilakukan dengan pembagian buku panduan ini.

Bapak Marihot selaku Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Kelapa Gading Barat. Menurut Pak Marihot, walaupun sudah ada langkah-langkah nyata dari pemerintah provinsi terkait penanganan banjir di Kelapa Gading Barat, potensi akan terjadinya banjir masih ada karena adanya proses pembangunan jalan tol yang terdapat di wilayah Kelapa Gading Barat sehingga pengetahuan akan evakuasi diri saat terjadinya banjir sangat penting bagi warga Kelapa Gading Barat.

Harapannya buku panduan evakuasi banjir ini akan dapat membantu mengedukasi masyarakat Kelurahan Kelapa Gading Barat tentang isu perubahan iklim yang menyebabkan banjir dan pentingnya tata cara evakuasi diri dan orang lain saat terjadinya bencana banjir

Penulis : Riefchi Wicaksono Haris

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan - Ilmu Kelautan

KKN Tim 2 Jakarta Utara

VIDEO PILIHAN