Mohon tunggu...
Ari Sony
Ari Sony Mohon Tunggu... Administrasi - Bung Arson, Pengamat dan Pemerhati Olahraga Khususnya Sepakbola

Olahraga adalah nadi yang harus digerakkan, sementara ketika menulis topik lainnya agar otak dan pikiran bisa lebih fokus

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

3 Alasan Kenapa Debitur Merasa "Gelisah" Setiap Akhir Bulan

23 Juni 2022   04:48 Diperbarui: 2 Juli 2022   19:15 907 25 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi beragam layanan pinjaman online. (SHUTTERSTOCK/SMSHOOT via KOMPAS.com)

Halo Kompasiana, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu diberikan sehat dan dimurahkan rejekinya, serta dijauhkan dari yang namanya berutang. Aamiin.

Kali ini, Bung Arson akan berbagi tulisan yang berkaitan dengan finansial, dengan judul: Kenapa Debitur (Penerima utang) Semakin Gelisah Mendekati Akhir Bulan?

Kita berbicara terlebih dahulu masalah definisi utang, versi Bung Arson. Utang adalah meminjam uang atau barang baik lewat Lembaga atau perorangan, misalkan Perbankan, Koperasi, Leasing, Teman, dll. 

Utang merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari apabila kita sudah "kepepet" kebutuhan, beda cerita jika orang tersebut punya kebiasaan atau hobi berutang. Maka, apapun kondisinya ia akan selalu berutang, sebagai solusi jalan pintas.

Saya pernah punya pengalaman hampir 3 tahun bekerja di salah satu Bank Swasta yang objek nasabahnya pengusaha mikro atau UMKM. 

Pengalaman sebagai marketing pencari nasabah kredit dan juga sebagai "tukang survei" yang tugasnya menyetujui sebuah kredit, membuatnya saya bisa berbagi tulisan ini.

Jika Debitur sudah merasa "kepepet" atau kebentur masalah finansial, maka logikanya sudah tak bisa diajak berpikir jernih. Dalam kamusnya, si nasabah hanya berpikir yang penting kredit segera cair, urusan angsuran dipikir belakangan.

Namun, jika nasabah itu punya perhitungan matang, maka sebelum meminjam, ia akan punya perhitungan dan kalkulasi agar kreditnya tidak bermasalah dikemudian hari.

Perlu diketahui oleh calon nasabah kredit sebelum mengajukan sebuah pinjaman, apapun itu yang namanya pinjaman, baik berupa uang atau barang (motor, mobil, elektronik, dll), enaknya adalah di depan ketika pinjaman itu cair.

Pada saat sudah mulai bayar angsurannya, Si Dilan (pacarnya Milea) pasti kan berkata: "ternyata bukan rindu yang berat, tetapi yang berat itu ketika mau bayar angsuran yang telah jatuh tempo"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan