Mohon tunggu...
Ari Sony
Ari Sony Mohon Tunggu... Administrasi - Dapat menyelesaikan sebuah tulisan memberikan kepuasan tersendiri

Senang membaca semua berita dan informasi khususnya tema olahraga

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Sulitkan Dua Juara Dunia, Hungaria adalah Juara Grup Neraka Sesungguhnya

24 Juni 2021   11:19 Diperbarui: 27 Juni 2021   11:50 9062 14 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sulitkan Dua Juara Dunia, Hungaria adalah Juara Grup Neraka Sesungguhnya
Gelandang Hongaria, Andras Schafer (tengah), mencetak gol untuk timnya dalam pertandingan terakhir F antara Jerman vs Hongaria di Allianz Arena, Muenchen, Rabu (23/6/2021). (KAI PFAFFENBACH/AFP via KOMPAS.com)

Siapa yang mengira, jika Hungaria tampil mengejutkan dengan berani memberikan perlawanan dan menyulitkan Juara Piala Dunia dua edisi terakhir, yaitu Prancis (Juara Piala Dunia 2018) dan Jerman (Juara Piala Dunia 2014). Bahkan, jika tidak ada gol Leon Goretzka di menit ke 84, Hungaria-lah yang menempati slot peringkat 3 terbaik dan bertemu dengan Belgia di babak 16 besar.

Sebelum Piala Eropa 2020, Hungaria mempunyai prestasi mirip dengan Indonesia (Jika Indonesia pernah menjadi macan asia dimasa lalu), yaitu punya nama besar di masa lalunya dalam sejarah sepak bola eropa. Hungaria merupakan salah satu negara yang sangat disegani di masa jayanya.

Dalam partisipasi di Piala Dunia, Hungaria pernah tampil sebagai Runner up di tahun 1938 dan 1954, dan sempat menjadi perempatfinalis di tahun 1934, 1962 dan 1966.

Sementara dalam ajang Piala Eropa Hungaria pernah tampil sebagai juara ketiga di tahun 1964 dan menempati juara keempat di tahun 1972. Prestasi itu menjadikan Hungariat, menjadi salah satu tim top, Bersama Italia, Jerman Barat, Cekoslowakia dan Inggris.

Dalam perkembangan selanjutnya nama Hungaria seperti menghilang, sejak tahun 1990 -- 2018 Hungaria tidak pernah tampil di Piala Dunia. Sedangkan dalam Piala Eropa sejak tahun 1976 -- 2012 Hungaria tidak pernah lolos.

Baru di tahun 2016 sejak UEFA mengubah jumlah peserta Piala Eropa menjadi 24, Hungaria lolos ke Piala Eropa di Prancis dan terhenti di babak 16 besar setelah kalah dari Belgia dengan skor 0-4.

Dalam Edisi Piala Eropa 2020, Hungaria nyaris tidak lolos ke Piala Eropa, karena dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020 Hungaria hanya menempati peringkat keempat di penyisihan Grup E. Kalah bersaing dengan Kroasia, dan Wales. Jalan berliku harus ditempuh oleh Hungaria, Bersama peringkat 3 Grup E lainnya yaitu Slowakia.

Dalam Semifinal Play-off Grup B, Hungaria berhasil mengalahkan Bulgaria dengan skor 3-1. Kemudian di pertandingan final play-off Grup B, Hungaria berhasil mengalahkan Islandia dengan skor tipis 2-1. Hungaria akhirnya menjadi peserta terakhir di Grup F di Piala Eropa 2020.

Grup F yang dihuni oleh Hungaria disebut sebagai grup neraka karena disana sudah ada Juara Bertahan Piala Eropa 2016 Portugal, Juara Piala Dunia 2014 Jerman dan Juara Piala Dunia 2018 Prancis, pantas saja jika Hungaria dianggap sebelah mata dan dianggap sebagai lumbung gol bagi Portugal, Prancis dan Jerman.

Beruntungnya Hungaria, karena menjadi salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020. Setidaknya ada keuntungan bagi Hungaria, karena adanya pemain ke-12 yaitu suporter yang akan setia mendukung tim Hungaria ketika bertanding.

Di awal laga Piala Eropa 2020, saat melawan Portugal anggapan para pengamat benar adanya. Tanpa ampun Hungaria dikalahkan oleh Portugal dengan skor 3-0. Bahkan jika para pemain Portugal lebih tenang, skor akhir bisa menjadi 5-0.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan