Mohon tunggu...
Ari Sony
Ari Sony Mohon Tunggu... Dapat menyelesaikan sebuah tulisan memberikan kepuasan tersendiri

Senang membaca semua berita dan informasi khususnya tema olahraga

Selanjutnya

Tutup

Bola

Kawal Timnas U-16, Agar Lolos Ke Piala Dunia U-17

9 Oktober 2019   10:22 Diperbarui: 9 Oktober 2019   10:29 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kawal Timnas U-16, Agar Lolos Ke Piala Dunia U-17
Pemain Timnas U-16 Indonesia. Sumber foto: https://bit.ly/2kZjqcK (elshinta.com)

Timnas U-16 telah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 di Bahrain. Prestasi garuda muda tentunya menjadi Oase ditengah keterpurukan sepakboala Indoensia selama tahun 2019. Indonesia lolos sebagai salah satu runner up terbaik, selain Indonesia ada 3 negara lainnya yang lolos sebagai runner terbaik yaitu Yaman, Uzbekistan dan Oman. 

Yang lebih istimewa lagi, Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari negara ASEAN. Lolos ke Piala Asia U-16 dilakukan oleh garuda muda dengan permainan yang meyakinkan, tergabung di Grup G bersama dengan China, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kepulauan Mariana Utara. 

Indonesia mengawali laga dengan mengalahkan Filipina dengan skor 4-0, kemudian di laga kedua mengalahkan Kepulauan Mariana Utara dengan skor telak 15-1, di laga ketiga mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor telak 8-0. Di laga terakhir Indonesia harus bermain hidup mati melawan China karena sama-sama mengoleksi nilai 9, tetapi China lebih unggul jumlah selisih gol 28 berbanding 26. 

Wajib menang menjadi tujuan utama, Timnas U-16 tidak silau dengan nama besar China, tim garuda muda bermain dengan penuh determinasi dan pantang menyerah serta mengandalkan permainan umpan satu dua. 

Setelah peluit akhir, skor kacamata menghiasi laga ini. Tim arahan Bima Sakti mengakhiri laga dengan kepala tegak, karena permainan cantik yang ditampilkan garuda muda memporak-porandakan tembok pertahanan China. 

Penyelesaian akhir dari pemain yang masih jadi PR untuk pelatih Bima Sakti, beberapa peluang emas saat melawan China dari Mochamad Faizal, Resa Aditya, Marselino Ferdinan, Ruy Arianto, Ahmad Athallah gagal dikonversi menjadi gol.

Undian fase grup Piala Asia U-16, direncanakan pada bulan Maret atau Mei 2020. Sumber dari AFC, Indonesia berada di Pot 2 bersama Australia, Korea Utara dan Oman. Sedangkan untuk Pot 1 ada Bahrain (Tuan Rumah), Jepang (Juara Bertahan), Tajikistan, dan Korea Selatan. Sementara untuk Pot 3 diisi India, Iran, Yaman, Arab Saudi dan yang terakhir Pot 4 ada China, Uzbekistan, Qatar, dan Uni Emirat Arab. 

Melihat komposisi ini, kemungkinan Indonesia masuk ke grup neraka sangat terbuka. Piala Asia U-16 akan berlangsung pada 16 September -- 3 Oktober 2020. Empat semifinalis Piala Asia U-16 berhak lolos ke Piala Dunia Junior U-17 2021.

Target lolos ke Piala Dunia U-17 adalah impian bagi semua pemain garuda muda dan tentunya jajaran pelatih. Jajaran pelatih tentunya mempunyai tugas berat, waktu selama satu tahun untuk mempersiapkan Timnas U-16 berlaga di Piala Asia U-16 dirasa sangat cukup. Pelatih Bima Sakti dalam tugasnya dibantu oleh asisten pelatih yaitu Indriyanto Nugroho, Firmansyah dan Markus Haris Maulana. 

Keempat jajaran pelatih ini merupakan para legenda Timnas Indonesia, mereka bisa menularkan ilmu dan pengalamannya kepada pemain garuda muda. Karena perkembangan pemain usia muda biasanya membutuhkan sosok idola atau panutan sebagai refrensi untuk berprestasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2