Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... lecturer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Smartphone Telah Mengubah Bisnis dan Perdagangan

10 Februari 2019   11:14 Diperbarui: 10 Februari 2019   11:49 117 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Smartphone Telah Mengubah Bisnis dan Perdagangan
ilustr: information age

Bagaimana Smartphone di Mana-mana Telah Merevolusi B2B dan B2C Commerce

Siapa yang tidak memiliki smartphone? Mulai dari remaja hingga warga lanjut usia dan dari pebisnis ke pemimpin bisnis, kepemilikan smartphone di mana-mana dan semuanya meresap. Memang, diperkirakan bahwa hampir 80% populasi dunia sekarang terhubung satu sama lain melalui ponsel dengan smartphone yang merupakan mayoritas dari perangkat tersebut.

Sejak Steve Jobs meluncurkan iPhone dan memulai revolusi dalam cara kita hidup dan bekerja, smartphone telah melakukan perjalanan yang tak terhentikan menuju transformasi bisnis dan perdagangan.

Misalnya, pedagang dan pelaku bisnis yang memiliki smartphone sekarang mampu menjangkau langsung ke konsumen serta rekan-rekan mereka dan pelaku bisnis lainnya melalui smartphone sehingga memberi mereka lebih banyak agen atas pekerjaan mereka.

Apakah itu B2B (Business to Business) atau bisnis ke bisnis atau B2C (Business to Customers) atau transaksi bisnis ke pelanggan, smartphone telah sangat meningkatkan cara pertukaran komersial semacam itu terjadi.

Ambil contoh B2B atau pertukaran bisnis ke bisnis. Menggunakan smartphone, pengecer online seperti Amazon terhubung dengan vendor dan pemasok mereka dan pengecer lainnya sejauh daftar produk dan merek dan barang dari yang terakhir yang bersangkutan.

Ini berarti bahwa ada pertukaran langsung dan bukan perantara yang menciptakan efisiensi serta sinergi dari skala ekonomi dan otomatisasi.

Memang, ketika bisnis "berbicara satu sama lain" menggunakan Smartphone dan model eCommerce dan mCommerce, mereka tidak hanya menuai sinergi dari penghapusan lapisan kebisingan transaksional yang tidak perlu, tetapi mereka juga membiarkannya meningkat karena kombinasi Internet dan smartphone berarti bahwa hanya ada beberapa hambatan untuk meningkatkan dengan cepat.

Mengambil contoh ini untuk model B2C, Amazon dapat menjangkau langsung ke basis konsumen yang luas sehingga menciptakan sistem di mana ada beberapa hambatan untuk komunikasi langsung dan karenanya, dapat menawarkan harga yang lebih baik, atau seperti yang akan dikatakan, diskon dan harga yang membuat barang dan produk sangat murah sehingga konsumen dibiarkan menginginkan lebih.

Bagaimana Smartphone Membantu Negara Berkembang dalam Menciptakan Model Kapitalis Baru

Seperti dapat dilihat dari contoh yang dikutip di atas, smartphone telah dengan baik dan benar-benar mengubah cara kita bekerja dan hidup dan hidup kita sebagai konsumen dan produsen. Lihatlah Play Store di ponsel android atau yang setara di iPhone dan kita menemukan aplikasi untuk hampir semua hal dan apa saja dan dari mana saja dan di mana saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN