Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... lecturer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Manfaat Kepuasan Kerja bagi Perusahaan

21 Januari 2019   08:18 Diperbarui: 21 Januari 2019   17:33 4800 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Kepuasan Kerja bagi Perusahaan
ilustr: The OlymWorld Academy

Bagaimana kepuasan kerja memberi manfaat kepuasan perusahaan adalah hasil dari persepsi karyawan tentang seberapa baik pekerjaan mereka memberikan hal-hal yang dianggap penting.

Secara umum diakui dalam bidang perilaku organisasi bahwa kepuasan kerja adalah sikap yang paling penting dan sering dipelajari.

Pada umumnya, kinerja organisasi tampaknya menjadi satu-satunya aspek terpenting dari suatu organisasi.

Penelitian telah menyimpulkan bahwa ada hubungan antara kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Ada dua pandangan dasar tentang kepuasan dan kinerja, dan keduanya saling terbalik.

Satu percaya bahwa kepuasan mengarah pada kinerja, sementara yang lain percaya kinerja mengarah ke kepuasan.

Akibatnya, kami mengatakan jika seseorang bahagia dengan pekerjaan mereka, mereka akan melakukan lebih baik, tetapi untuk bisa puas, mereka harus melakukan dalam pekerjaan mereka untuk mendapatkan kepuasan itu.

Kepuasan kerja yang tinggi dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi pergantian, dan meningkatkan kehadiran, mengurangi kecelakaan, mengurangi stres kerja dan mengurangi serikat pekerja.

Jika karyawan merasa bahwa pekerjaan mereka menyenangkan dan menarik, mereka akan lebih bersedia memberikan upaya ekstra untuk bekerja demi kepentingan seluruh organisasi.

Kepuasan Kerja dan Produktivitas

Sebuah meta-analisis canggih yang dilakukan oleh Tim Judge dan rekan-rekannya pada 312 sampel menunjukkan hubungan yang jauh lebih kuat antara kepuasan kerja karyawan dan kinerja.

Bukti penelitian menunjukkan bahwa kepuasan tidak selalu mengarah pada peningkatan kinerja individu tetapi mengarah pada peningkatan tingkat departemen dan organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x