Mohon tunggu...
SoftwareSeni Indonesia
SoftwareSeni Indonesia Mohon Tunggu... Software House

A fast-growing Software House company with 100+ clients around the world.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Perbedaan antara Website E-Commerce & Online Marketplace

15 Oktober 2019   14:08 Diperbarui: 15 Oktober 2019   14:32 124 1 0 Mohon Tunggu...
Perbedaan antara Website E-Commerce & Online Marketplace
dokpri

Apakah kamu sudah tahu jika ternyata e-commerce dan online marketplace itu berbeda? Jika belum, jangan khawatir. Artikel ini tepat untukmu!

Secara garis besar, apa sih yang kamu tahu tentang e-commerce dan online marketplace? Tempat jual beli secara online? 

Benar, memang fungsi dari e-commerce dan online marketplace adalah untuk memudahkan kamu untuk menjual dan membeli barang / layanan. Singkatnya, tempat kamu bertransaksi untuk menukar uang dengan barang / jasa secara daring (online). Namun, dibalik kata "simple" tadi, ternyata ada satu dinding tebal yang membedakan antara e-commerce dan online marketplace, loh! Ada yang tahu?

Coba kamu buka website nike dan zalora. Bandingkan! Kira-kira, apa yang mencolok?

Apakah website e-commerce nike menjual adidas? Coba lihat zalora, mereka menjual berbagai macam merek sepatu. Sudah mulai terlihat perbedaannya? 

Ya, jumlah penjual. Pada website e-commerce nike, tentu hanya barang-barang nike yang dijual. Tidak mungkin ada barang-barang dari merek sebelah. Kecuali, jika nike melakukan kolaborasi dengan merek lain. Tetapi, tetap saja yang memegang trademark brand "nike" adalah nike itu sendiri. Berbeda dengan online marketplace seperti zalora dimana terdapat banyak penjual / vendor.

Mulai dari merek terkenal seperti nike & adidas hingga merek indie yang mungkin tidak kamu kenali. 

Jadi, jelas ya dinding tebal yang membedakan website e-commerce dengan online marketplace. Bisa dikatakan tidak semua website e-commerce adalah online marketplace. 

Jika dilihat dari segi bisnis, mana nih yang lebih menguntungkan?

Dua-duanya! Kenapa? Dilihat dari prospektus sales website e-commerce masih sulit mengalahkan online marketplace dalam urusan SEO. Sehingga, jika calon pembeli ingin melakukan pencarian produk melalui google search, online marketplace lah yang berada di halaman pertama. Tidak percaya? Coba lihat gambar dibawah ini:

1. Search term: Sepatu Olahraga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN