Mohon tunggu...
SoftwareSeni Indonesia
SoftwareSeni Indonesia Mohon Tunggu... Programmer - Software House

A fast-growing Software House company with 100+ clients around the world.

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Trend & 3 Manfaat E-Commerce bagi Perkembangan Bisnis

30 Juli 2019   11:40 Diperbarui: 30 Juli 2019   13:22 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
manfaat e-commerce bagi perkembangan bisnis (Dokpri)

Apa yang pertama kali muncul dipikiran kamu ketika mendengar kata e-commerce? Belanja online? Harbolnas? Banyak diskon?

Memang, kebanyakan manfaat dari hadirnya website e-commerce dirasakan oleh konsumen. Untuk perkembangan bisnis? Hmmm website e-commerce memang bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Tetapi, itu juga sekaligus sebagai pintu bagi pemain-pemain baru di pasar untuk ikut berkompetisi.

Maka terjadilah fenomena Perang harga (Price-war) yang akan menstimulasi sistem diskriminasi harga (price-discrimination). Untuk tahu hubungan fenomena price-war dengan kemunculan website e-commerce, kamu bisa temukan jawaban lengkap di artikel ada apa dengan e-commerce. Untuk sekarang, fokus kamu bukan pada fenomena ini.

Tetapi, apakah website e-commerce benar-benar bisa membantu bisnis untuk berkembang? Bagaimana agar website e-commerce kamu bisa "stand out from the crowd"?

Untuk bisa memiliki website e-commerce yang menarik. Bukan hanya design yang disesuaikan dengan segments pasar. Tetapi juga harus memiliki fitur yang terkini dan yang paling dibutuhkan konsumen.


Berikut adalah 5 Trend Website E-commerce yang bisa kamu ikuti.


1. Value Chain Management
2. UI/UX
3. Smart Distribution
4. Customer - Centric
5. On-The-Go Shopping

Ayo bahas satu persatu.

1. Value Chain Management

Trend yang sedang ramai dibicarakan adalah mengenai salah satu kelemahan website e-commerce jika dibandingkan degan toko offline. Yaitu delivery-time dari value barang yang dibeli ke tangan konsumen. Rata-rata, konsumen membutuhkan waktu 1-2 hari untuk bisa merasakan nilai dari barang yang mereka beli via online. Alasannya? Alur distribusi yang panjang. Sedangkan, ketika kamu pergi ketoko, dan kamu membeli barang. Tepat setelah kamu beli, nilai / value dari barang bisa langsung kamu rasakan.

Makannya mulai trend same-day delivery service yang dipopulerkan oleh Amazon.

Kamu punya solusi dari masalah ini? Buat website e-commerce dan jadilah pahlawan!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun