Mohon tunggu...
Soni Herdiansyah
Soni Herdiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS 2018-Universitas Pendidikan Indonesia

Selalu menginspirasi hakikat sejati untuk membangun negeri.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Luar Biasa! Inilah Manfaat Membuat Tulisan dan Video Perjalanan Travel

29 Desember 2019   10:10 Diperbarui: 29 Desember 2019   10:15 55 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Luar Biasa! Inilah Manfaat Membuat Tulisan dan Video Perjalanan Travel
Workshop Travel Blogging & Vlogging, Mini Diorama Bale Panyawangan, Purwakarta (28/12/2019). Dokpri

Siapa sih yang ngak suka jalan-jalan, mengitari sudut kota, desa, bahkan menjelajah dunia?  Pergi ke tempat wisatanya,  mencicipi kulinernya, maupun sekedar untuk mengisi waktu liburan saja. Ya, sudah pasti semua orang menyukainya,  apalagi didukung oleh keluarga, kekasih,  teman-teman,  dan kerabat.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Purwakarta (DISPUSIPDA) bersama dengan Kompasiana Bandung KBandung) pada Sabtu, 28/12/2019, menyelenggarakan Workshop Travel Blogging & Vlogging dengan tema "Ceritakan Kisah Perjalananmu Lewat Tulisan dan Video" yang bertempat di Mini Theater Diorama Purwakarta, Purwakarta.

Para peserta menyimak pematerian dari Bang Aswi mengenai Blogger Travel, di Mini Theater Diorama Purwakarta. Dokpri
Para peserta menyimak pematerian dari Bang Aswi mengenai Blogger Travel, di Mini Theater Diorama Purwakarta. Dokpri
Mini Theater Diorama berkapasitas 40 orang, yang merupakan salah satu ruangan untuk kegiatan seminar,  workshop, Bale Panyawangan Diorama Purwakarta.  Dihadiri oleh peserta dari kalangan orangtua, generasi millenial Purwakarta,  dan kalangan penulis kompasiana.

Dimeriahkan oleh para pemateri yang luar biasa,  ada Bang Aswi (Penulis,  Kompasianer, dan Travel Blogger), lalu ada Kang Ali Muakhir (Penulis, Kompasianer,  dan Influencer). Dengan fokus utama materi adalah blogging dan vlogging perjalanan travel. 

Pematerian mengenai Vlogging dan editing video travel oleh kang Ali Muakhir,  di Mini Theater Diorama Purwakarta. Dokpri
Pematerian mengenai Vlogging dan editing video travel oleh kang Ali Muakhir,  di Mini Theater Diorama Purwakarta. Dokpri

Kegiatan ini begitu menyenangkan dan sangat mendidik. Lebih dari itu, ternyata, dari kegiatan ini, banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh,  baik untuk blogger pemula maupun vlogger pemula yang belum sama sekali memiliki pengalaman, terutama dalam tulisan dan video perjalanan travel. Nah,  adapun manfaatnya yaitu :

1. Berbagi pengalaman berkesan, oh senangnya. 

Dengan membuat tulisan di blog atau online seperti kompasiana,  atau membuat video perjalanan travel, lalu disebarkan di media sosial kita. Secara tidak langsung,  kita telah berbagi pengalaman berkesan kepada pembaca atau penonton, sebagai referensi bagi mereka untuk mengunjungi tempat yang sama, yang sebelumnya pernah kita kunjungi. 

2. Belajar mengoperasikan media dan software editing

Menulis dan membuat video,  melatih kita untuk menguasai media sosial dan software editing, baik di smartphone maupun laptop. Dengan belajar menguasai perangkat editing video, audio, dan membuat akun media sosial kepenulisan, sebagai contoh membuat akun blog kompasiana. Kita akan dengan mudah menyebarkan konten menarik dari perjalanan travel kita kepada semua orang di media sosial, apalagi kompasiana kini telah ada video yang terhubung ke channel youtube kita. 

3. Mendapat reward atau undangan event yang keren-keren. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x