Mohon tunggu...
SONIA DELVINURSAFITRI
SONIA DELVINURSAFITRI Mohon Tunggu... Seniman - MAHASISWA

PENDIDIKAN SENI TARI 1801540

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Program Kerja Wajib KKN Tematik UPI Pasca Covid-19 2021, Pendampingan Pembelajaran Daring

28 Juli 2021   14:45 Diperbarui: 28 Juli 2021   14:46 31 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Program Kerja Wajib KKN Tematik UPI Pasca Covid-19 2021, Pendampingan Pembelajaran Daring
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

NAMA : SONIA DELVI NURSAFITRI ( Pendidikan Seni Tari, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Universitas Pendidikan Indonesia) 

NIM : 1801540

DPL : HANA YUNANSYAH, M,pd.

Dunia pendidikan terdampak imbas sangat besar di masa pendemi ini, sekolah tatap muka langsung belum dibolehkan, karena kita harus turut memutus wabah mata rantai virus covid19 , jangan sampai terkena pada generasi penerus bangsa. Banyak tantangan yang harus dihadapi dalam pendidikan di masa pandemi ini, antara lain peran guru yang dituntut untuk memberikan sebuah inovasi baru untuk terus menghadapi pembaharuan yang terjadi dimasa pandemi dalam dunia pendidikan. peran anak juga dituntut untuk terus belajar dan memahami situasi yang terjadi saat ini,peran orangtua yang harus memberikan fasilitas kepada anak agar anak mampu menjalani pembelajaran daring seperti memberikan kuota atau handphone dan laptop untuk mengikuti pembelajaran daring.

Lokasi KKN (kuliah kerja nyata) berada di salah satu sekolah dikota bandung yaitu MTS ARROHMAH yang berada di sukajadi, bandung. ini menjadi tantangan untuk saya sebagai mahasiswa KKN karena harus melakukan sebuah misi yaitu "membangun desa melalui bidang pendidikan" dalam melakukan kegiatan tersebut ada salah satu program kerja wajib yang harus dilakukan disinilah peran mahasiswa dibutuhkan melalui kegiatan KKN ini. 

program kerja wajib tersebut adalah mendampingi guru,siswa,dan orangtua siswa dalam menghadapi pembelajaran daring ini.

Dalam menjalankan program wajib kkn tersebut yaitu melakukan pendampingan terhadap guru antara lain memberikan fasilitas seperti menyiapkan zoom meeting,membuat google classroom,membuat media pembelajaran seperti memberikan edukasi kepada siswa melalui tayangan video yang dibuat tentang pencegahan covid 19, mendampingi dalam proses belajar mengajar, dan membantu administrasi sekolah.

kemudian pendampingan terhadap siswa dengan memberikan pembelajaran tambahan melalui media pembelajaran berupa PPT (power point) yang menarik untuk ditampilkan kepada siswa siswi agar mereka tidak bosan dalam pembelajaran daring.

Selanjutnya Pendampingan terhadap orangtua siswa, yaitu membuat grup orangtua untuk menanyakan kendala yang dihadapi orangtua dalam penguatan pembelajaran anak. melalui kegiatan tersebut banyak sekali manfaat yang didapatkan baik dari mahasiswa sendiri maupun guru,siswa dan orangtua. 

Bu Iin Fatimah Gumelar, Dra. merupakan salah satu guru bahasa inggis di MTS ARROHMAH beliau mengatakan bahwa "pendampingan guru,siswa dan orangtua siswa dalam KKN tematik upi dimasa pandemi ini sangat membantu sekali dalam proses belajar mengajar, apalagi mahasiswa sekarang sudah paham teknologi jadi bisa membuat media pembelajaran lebih menarik untuk ditampilkan agar siswa siswi tidak bosan dan pendampingan ini sangat memudahkan para guru,siswa dan orangtua dalam menghadapi pembelajaran dimasa pandemi ini." ujarnya (23/07/2021)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN