Mohon tunggu...
Olahraga

Sosial Media DBL Indonesia

2 Mei 2018   21:07 Diperbarui: 2 Mei 2018   21:21 898
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Menurut saya, karakter akun sosial media yang baik adalah akun yang informatif dan update rutin. Akun yang informatif menurut saya adalah akun yang selalu menginformasikan hal-hal terkait dengan perusahaan atau instansi, bisa berbentuk produk atau jasa yang baru saja diluncurkan, update layanan masyarakat, dan sebagainya. Selain itu, konsistensi dalam melakukan update informasi jugalah yang dicari oleh followers yang memang ingin tahu tentang akun tersebut.

DBL Indonesia adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang berkecimpung di dunia olahraga yaitu basket. DBL Indonesia secara konsisten sejak tahun 2008 selalu mengadakan liga basket antar pelajar tingkat SMA di lebih dari 10 provinsi di Indonesia.

Perusahaan ini tidak hanya memiliki liga basket yang sudah terkenal di kalangan anak-anak SMA saja, tapi juga memiliki liga basket untuk siswa tingkat SMP yaitu JRBL, akademi basket yaitu DBL Academy, serta DBL Store yang menjual official merchendise dari DBL Indonesia.

Bermarkas di Surabaya, DBL Indonesia dalam perjalanannya tidak lepas dari peranan sosial media sebagai media untuk menyebarkan informasi terkait dengan jadwal pertandingan di berbagai provinsi, highlight pertandingan, dan sebagainya. Itulah mengapa, DBL Indonesia secara profesional menggandeng beberapa orang untuk bekerja dalam tim media sosial DBL Indonesia.

Di akun Twitter @dblindonesia, admin terakhir melakukan update adalah pada tanggal 28 April 2018 yaitu update soal launching satu web series garapan DBL Indonesia berjudul "Honda DBL Satu Impian 2017 -- Belajar Mandiri dari Basket". Selain itu, akun Twitter ini juga memberikan informasi seputar roadshow DBL East Java Series yang sudah dimulai menyambut dipertandingkannya DBL di region ini pada 24 April sampai 6 Mei 2018.

Bagan pertandingan dan skor untuk berbagai region yang sedang bertanding tidak jarang di update juga di Twitter. Informasi-informasi seperti audiensi CEO PT. DBL Indonesia, Azrul Ananda dan para siswa yang pernah maju sebagai First Team terhadap Presiden RI Joko Widodo juga turut diinformasikan.

Akun Instagram @dblindonesiaofficial juga mengunggah informasi yang berkaitan dengan DBL, tapi lebih banyak info soal pertandingan. video-video singkat pemain, dance, dan suporter. Ada juga informasi tentang skor pertandingan, DBL Academy, dan informasi sampingan. Ada games juga.

Jika dikaitkan dengan pendapat saya tentang sosial media yang sudah dipaparkan, akun Twitter dan Instagram DBL Indonesia sudah berada di taraf bagus karena informatif dan konsisten. Admin sudah dapat memberikan konten-konten yang inline dengan konsep PT. DBL Indonesia. Selain itu juga, bahasa yang digunakan admin sangat sesuai dengan target audience yang merupakan siswa SMP, SMA, hingga kuliah. Admin juga tidak jarang membalas komentar netizen. Terkadang dibalas dengan guyon juga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun