Mohon tunggu...
Sondang Loren A Bakara
Sondang Loren A Bakara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa_Universitas HKBP Nommensen Medan

Mahasiswa kepribadian yang "Introvet" namun ingin bersosialisasi dengan lingkungan hidup. Mempunyai hobi membaca buku dan berwisata ke tempat hal menarik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kebersamaan PMM 2 untuk Menonton Film Dokumenter Karya Mahasiswa UPI

2 Oktober 2022   22:18 Diperbarui: 2 Oktober 2022   22:30 73 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tanggal 24 September 2022, Mahasiswa Inbound Universitas Pendidikan Indonesia melakukan kegiatan Modul Nusantara, yakni menonton sebuah film dokumenter karya dari Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia.

Ada dua film menceritakan tentang perjuangan seorang kepala keluarga yang mengais rezeki demi keluarganya, dari scene-scene yang saya liat sudah lumayan bagus untuk disebut sebagai film pendek, isi cerita dari film juga tidak kalah dengan kualitas film-film lain. 

Berawal dengan scene pertama yang diceritakan dirumah Pak Awan bersama istrinya sedang mengobrol santai sebelum pergi meninggalkan rumah untuk bekerja sebagai sopir truk. Dari judul film yaitu Awan di Atas Truk ini dipenuhi dengan cerita pribadi dari Pak Awan yang dapat dilihat dengan cerita jenaka hingga cerita-cerita kelam beliau seperti risiko besar dijalan sebagai sopir delivery hingga bos yang tidak terlalu memperhatikan dan mensejahterakan karyawannya sendiri, namun beliau tetap lapang dada menjalani demi menghilangkan perut lapar dari keluarga tercinta.

Pak Awan juga menceritakan tentang keluh terdalamnya saat Putri nya yang dulu masih hidup sehingga meninggal karena pola makan yang tidak bagus. Sempat memiliki shock dan depresi yang tidak terbendung, Pak Awan sempat mengajak istri nya sendiri untuk mengakhiri diri dengan terjun dari jembatan saking depresinya.

Dokpri
Dokpri

Kemudian film kedua yaitu Sintas Berlayar menceritakan tentang buruh nelayan yang kesehariannya berada di laut. Pak Uus memiliki hobi memancing di daerah Cilacap. Beliau pernah trauma karena kecelakaan lalu lintas yang dialaminya. Semangat Pak Uus dalam bekerja sangat menginspirasi. Walaupun beliau seorang di sabilitas tetapi beliau tidak pernah mengeluh. Bantuan dari keluarga kecil dan teman-temannya memotivasi dirinya untuk tetap semangat menjalani kehidupannya ke depan. Keterbatasan di dalam dirinya tidak membuatnya menyerah begitu saja.

Kita dapat mengambil pelajaran yang sangat besar dari orang-orang yang seperti mereka. Mungkin pelajaran yang dapat saya petik dari film tersebut ialah tentang perjuangan seorang  pria yang rela jarang pulang kerumah demi keluarga dan kesabaran besar yang dimiliki Pak Awan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan