Mohon tunggu...
solihin
solihin Mohon Tunggu... Prolink city

Anak desa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Usaha Keras, Hasilnya Puas

5 Agustus 2020   11:38 Diperbarui: 5 Agustus 2020   15:05 21 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Usaha Keras, Hasilnya Puas
20200805-112154-5f2a39623cf9ef43a6706032.jpg

Dokpri_Dalam menjalani hidup tidak luput dari gagal dan berhasil. Namun pada kenyataannya masih banyak yang enggan menerima, karena usaha yang keras dan hasilnya pun tidak puas. Ada banyak pula usaha keras dan tidak menghianati hasilnya. Sesungguhnya seberapa usaha itu, sekeras apa usaha itu, tetap yakinlah hasilnya terbaik. Meski kadang hasil baik tersebut tidak ditampakkan sekarang. Mungkin butuh waktu lama untuk menerima.

Sudah tidak asing lagi ditelinga kita hadis yang berbunyi " man Jadda wajada" yang artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh maka akan menuai keberhasilan.  Begitupun kita, saat menuntut apa yang kita impikan. Maka impikanlah cita-cita tersebut dengan penuh usaha yang keras, jujur, disiplin, dan selalu berdo'a kepada Tuhan, mengharap ridho serta kekuatan dalam menghadapi segala ujian hingga mencapai masa depan yang mapan.

Dalam kehidupan tentu ada bahagia juga ada gegana, namun semua itu kembali pada diri kita, seberapa besar rasa syukur atas semuanya. Hakikat syukur bukan hanya sekedar mengucapkan tetapi juga bergandengan dengan kelakuan. Begitu juga ungkapan rasa syukur bukan hanya ketika mendapat hal - hal yang bahagia namun ketika keadaan terpuruk pula kita harus bersyukur kepadanya. Karena sejatinya masih banyak lagi kenikmatan lainnya yang masih engkau abaikan. Sehingga lupa hanya karena keterpurukan satu hal tersebut kita lupa bersyukur kepada Tuhan esa.

Perlu diingat, bahwa Tuhan tidak akan memberikan beban kepada manusia melebihi kekuatannya. Pada akhirnya, kalian harus yakin jika harus menghadapi tantangan begitu berat tetaplah lakukan hal tersebut dengan hati ikhlas dan sela-selakan dalam sepertiga malam memohon kepada tuhan untuk bisa melewatinya.

Firman Allah subhaanahu Wata'alaa yang selalu saya ingat dalam sujudku, yang berbunyi " Waqoola Robbukum Ud'unii Astajiblakum" yang artinya "dan Tuhan kalian berfirman, berdo'a lah kepadaku, niscaya aku kabulkan". Dalam ayat ini bahwa Allah memerintahkan kepada hambanya untuk berdo'a. Karena do'a itu termasuk ibadah yang dicintai dan ridhoi Allah. Bahkan Allah berjanji mengabulkan apa yang hambanya minta. Dengan hati ikhlas dan pasrah tentu Allah mudahkan segala urusan kita. Sebaliknya hamba yang enggan berdo'a, maka orang tersebut tergolong hamba yang sombong dan akan masuk neraka dalam keadaan hina dina. Untuk itu yakinlah bahwa segala do'a akan dikabulkan, entah itu langsung, menunggu beberapa hari, minggu, bulan, ataupun tahun yang pasti Allah lebih mengetahui yang terbaik untuk hambanya.
Tetap semangat menjalani hidup, meski keadaan terpuruk. Karena sejatinya Allah yang menguji dan Allah pula yang membantu kalian semuanya.


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x