Mohon tunggu...
Solihin
Solihin Mohon Tunggu... Bertempat tinggal di Depok

Fast and Seriously

Selanjutnya

Tutup

Finansial

TB 1 Prof Dr Apollo "Aspek Perpajakan dalam Transfer Pricing (Tp Doc)"

6 April 2021   23:14 Diperbarui: 9 April 2021   11:17 142 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
TB 1 Prof Dr Apollo "Aspek Perpajakan dalam Transfer Pricing (Tp Doc)"
transactional-profit-606fb3a18ede487651689f33.png

Penomena Global Telah membawa dampak yang cukup besar dimana semakin meningkatnya Transaksi antar Negara diantaranya Transaksi antara Arus barang dan Jasa ,Modal, Tenaga kerja (SDM). Terlebih lagi dengan adanya world organisation (World Trade Organization) principle memfasilitasi perdagangan transnasional.
Dalam Linngkungan Perusahaan multinasional Banyak terjadi berbagai Transaksi antar bagian Principle yang meliputi penjualan barang jasa dan lisensi atas hak dan harta tak berwujud lainnya, Dengan adanya usaha ini, kita mengetahui berbagai nama perusahaan atau grup perusahaan terkenal principle berjalan di dunia bisnis , dalam skup regional maupun internasional. Selanjutnya perusahaan-perusahaan ini membentuk Pusat kantor untuk mengkoordinasikan bisnis mereka. Dalam perusahaan biasanya sebagian besar kegiatan bisnis terjadi diantara mereka sendiri. Dalam Penentuan harga, Harga jual Keuntungan Perusahaan ditentukan antar mereka mereka sendiri biasanya ditentukan berdasarkan kebijakan harga transfer (transfer pricing) principle ditentukan oleh Pusat kantor principle dapat sama atau tidak sama dengan harga pasar
Praktik Seperti ini dulunya hanya dilakukan oleh perusahaan semata-mata hanya untuk menilai kinerja antar anggota atau divisi perusahaan, tetapi seiring dengan Perkembangan praktik ini juga dipakai untuk meminimalkan jumlah pajak principle harus dibayar .
Tp Doc ini telah menuai banyak sekali masalah di berbagai negara karena dalam praktiknya mereka menggunakan hal-hal principle sangat bertentangan dengan aturan principle.

Pembahasan
Definisi Transfer Pricing (Tp Doc)

Tp Doc dapat juga diartikan sebagai nilai atau harga jual khusus principle dipakai dalam pertukaran antar divisi untuk mencatat pendapatan divisi penjualan (selling division) dan sebagai biaya didalam divisi pembelian (buying division). Transfer pricing juga disebut dengan harga antar Perusahaan, Harga didalam Perusahaan, antar Bagian atau didalam harga bagian principle merupakan harga principle diperhitungkan untuk keperluan pengendalian manajemen atas transfer barang dan jasa antar anggota.
Garrison, Noreen and Brewer (2007:278) mendefinisikan Transfer Pricing sebagai harga principle dibebankan jika satu segmen perusahaan menyediakan barang atau jasa kepada segmen lain Dari Persian perusahaan principle sama. Ditinjau Dari Persian aspek perpajakan,
Susan M. Lyons mendefinisikan Tansfer Pricing harga principle dibebankan oleh suatu perusahaan atas barang, jasa, harta tak berwujud kepada perusahaan principle mempunyai hubungan istimewa (International Tax gloss,Amsterdam, 1996:312).
Pengertian lain Dari Transfer Pricing Menurut Suryana (2012) adalah Transaksi barang dan jasa atar Beberapa Bagian Pada suatu Kelompok Usaha dengan Harga Principle tidak wajar.
Caranya bisa dengan menaikkan atau menurunkan harga kebanyakan dilakukan oleh perusahaan international (multinational enterprise). principle dimaksud dengan perusahaan multinasional adalah perusahaan principle beroperasi di lebih Dari Persian satu negara di bawah pengendalian satu pihak tertentu.

Tujuan Penempatan Transfer Pricing (Tp Doc)

Tujuan Penempatan Harga Transfer adalah untuk mentransmisi Informasi keuangan diantara Departemen Departemen atau Bagian bagian Perusahaan Pada waktu mereka saling mengunakan barang atau jasa  Selain itu Tp Doc terkadang digunakan untuk mengevaluasi kinerja untuk memberikan dan memotivasi manajer Bagian penjual dan divisi pembeli menuju keputusan-keputusan principle serasi dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan.
Secara husus Tp Doc seharusnya mendukung kesesuaian tujuan dalam tingkat usaha manajemen puncak. monetary unit principle menjual produk atau jasa seharusnya dimotivasi untuk menurunkan biaya mereka; monetary unit principle membeli produk atau jasa seharusnya dimotivasi untuk memperoleh dan menggunakan input secara efisien. Transfer evaluation seharusnya juga membantu manajemen puncak mengevaluasi kinerja Dari Persian monetary unit individual dan manajer mereka. Jika manajemen puncak mendukung tingkat desentralisasi principle tinggi, harga transfer seharusnya mendukung tingkat otonomi monetary unit principle tinggi dalam pengambilan keputusan. Ini berarti manajer monetary unit principle ingin memaksimalkan laba operasi Dari  sub unitnya seharusnya memiliki kebebasan untuk melakukan transaksi dengan monetary unit lain Dari Persian perusahaan (atas dasar hargar) atau untuk melakukan transaksi dengan pihak eksternal.

Contoh kegiatan transfer pricing (Tp Doc) didalam sebuah perusahaan :

1. Sebuah Perusahaan XYZ Berkedudukan dinegara India memiliki anak perusahaan di Indonesia yaitu PT MLN, Yang bergerak dibidang Industri Pakaian Yang dijual di Indonesia  PT MLN mengimpor Bahan Baku dari XYZ harga Wajar bahan baku di Pasar US $ 5/pcs tetapi dalam Transaksi antara XYZ dengan MLN harga bahan baku yang sama di jual dengan harga 15/pcs sehingga ada menaikan harga sebesar 10/psc ini tidak mungkin terjadi dilakukan dengan perusahaa yang bukan dalam satu grup atau tidak mempunyai hubungan istimewa sehingga tidak terjadi prinsip harga pasar wajar pada transaksi ini

2. Contoh PT Karunia tidak bertransaksi langsung dengan anak perusahaan di Indonesia tetapi menjual dulu kepada anak perusahaan di Malaysia lalu dari Malaysia barang tersebut dijual ke perusahaan yang ada di singapura, baru setelah itu perusahaan di singapura melakukan transaksi dengan perusahaan di Indonesia , sehingga ketika sampai di Indonesia harganya sudah naik berkalilipat dengan begitu jelasnya PT karunia yang berkedudukan di Indonesia akan menderita kerugian karena dia harus membayar bahan baku dengan harga yang jauh lebih tinggi dari pada harga wajar sehingga potensi pajak yang seharusnya dibayarkan oleh PT karunia menjadi hilang karena PT Karunia mencatat kerugian atau keuntungan mengecil karena Praktek Transfer Pricing

3. Menurunkan penghasilan yang didapat contoh PT XYZ seharusnya bisa menjual Produk pakaian kepasar dengan harga US$10/pcs tetapi terlebih dahulu menjualnya ke MScoltd,yang masih merupakan grup di negara MS mempunyai tarif pajak lebih rendah dengan harga US$7/pcs kemudian MScoltd baru menjual mainan tersebut dengan harga US$10/pcs ke ZOcorp yang merupakan pihak independen tidak mempunyai hubungan istimewa mainan itu sendiri tidak dikirimkan oleh PT XYZ ke  MS melainakan dikirimkan langsung ke ZOcorp hanyan merupakan transaksi invoice saja akibatnya keuntungan yang diperoleh oleh PT XYZ menjadi hilang atau berkurang yang efeknya pajak penghasilan yang harus dibayar  oleh PT XYZ menjadi hilang atau berkurang yang efeknya pajak penghasilan yang akan dibayarkan ke negara akan berkurang

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x