Mohon tunggu...
Soleh Banget
Soleh Banget Mohon Tunggu... Portal Informasi

im a horseback archer

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Inilah 4 Kesalahan Saat Membuat Perencanaan Keuangan

30 Juli 2020   16:55 Diperbarui: 30 Juli 2020   16:52 64 0 0 Mohon Tunggu...

Keuangan perlu diatur sedemikian rupa sehingga nantinya hal tersebut tidak akan menimbulkan masalah. Baik itu negara, keluarga, maupun keuangan pribadi perlu untuk membuat perencanaan keuangan yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga nantinya akan dapat mengoptimalkan pendapatan yang dipunyai untuk memenuhi kebutuhan. 

Oleh karena itulah pada awal bulan ketika mendapatkan penghasilan seperti gaji atau jatah bulanan, Anda bisa untuk mengatur keuangan dengan membuat tabel rencana keuangan yang mudah dilakukan. Tabel tersebut akan sangat berguna untuk mengalokasikan dana yang dipunyai bagi kebutuhan Anda. 

Akan tetapi walaupun Anda telah membuat tabel rencana biasanya bisa mengalami kegagalan dalam mengatur keuangan karena melakukan beberapa kesalahan. Misalnya saja beberapa kesalahan umum yang bisa dihindari sehingga tabel rencana keuangan Anda dapat berhasil dan bisa untuk mengatur keuangan adalah:

  1. Tidak menghitung pemasukan dengan tepat

Kesalahan pertama yang sering dilakukan ketika akan mengatur tabel anggaran yang dipunyai adalah karena tidak menghitung pemasukan dengan tepat. Hal itu akan sangat berpengaruh baik nantinya Anda mempunyai pemasukan yang kurang atau lebih dari dana yang sudah dicatat dalam pemasukan tabel anggaran. Oleh karena itulah pastikan ketika membuat tabel rencana keuangan keluarga untuk mempunyai jumlah pemasukan yang tepat sehingga akan dapat membuat rencana pengeluaran yang lebih baik.

  1. Membeli barang yang tidak ada dalam anggaran

Hal paling umum yang terjadi ketika telah membuat rencana keuangan adalah membeli barang yang tidak ada dalam anggaran. Ketika membeli barang yang tidak ada dalam perencanaan keuangan tentu saja akan merusak tabel keuangan yang telah dibuat. Sehingga hal tersebut juga akan membuat keuangan yang diatur di awal berubah dan mempunyai pengeluaran yang lebih besar dibandingkan rencana pengeluaran awal.

  1. Tidak mengikuti pengaturan anggaran yang telah ditetapkan

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika telah mempunyai aturan keuangan adalah dengan tetap mengikuti berbagai alokasi dana yang telah dibuat dalam aturan tersebut. Alokasi dana tersebut penting dipatuhi karena sudah memikirkan pengeluaran dengan sedemikian rupa sehingga pas dengan anggaran yang dimiliki. Ketika tidak mengikuti pengaturan anggaran maka nantinya membuat dana alokasi yang telah ditetapkan juga harus diputar kembali dan disesuaikan karena adanya pengeluaran yang tidak terencana.

  1. Tidak memperhatikan prioritas kebutuhan ketika membuat pengaturan anggaran

Kesalahan terakhir yang dilakukan dalam perencanaan keuangan adalah tidak memperhatikan prioritas kebutuhan. Hal ini merupakan kesalahan diawal ketika membuat tabel rencana keuangan yang dimiliki, dimana menempatkan kebutuhan yang penting tidak dalam prioritas. Akan sangat penting untuk menetapkan prioritas utama seperti belanja bulanan, membayar berbagai tagihan dan kredit, dan juga menyiapkan uang tabungan untuk kebutuhan dadakan dalam prioritas yang harus selalu ada dalam rencana keuangan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x