Mohon tunggu...
Sokat Rachman
Sokat Rachman Mohon Tunggu...

Ayah 3 anak yang penikmat bacaan, tukang nulis cerpen, komik, skenario sitcoms, suka jajanan kaki lima, dan penulis di: http://sokatandlife.com/

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Goyang Lidah di Soto Kaki Khas Betawi Mencos

25 September 2015   11:01 Diperbarui: 25 September 2015   11:16 682 1 2 Mohon Tunggu...

 Mendengar dari namanya saja, Tuan dan Puan sudah bisa menebak kalau makanan berkuah keruh itu diisi dengan bagian dari kaki hewan. Tepatnya kaki sapi dan dibuat dengan resep khas masakan Betawi.

Warung soto kaki Mencos berada di jalan Percetakan Negara. Kalau dari jalan  Salemba Raya, yang berada di seberang universitas Indonesia, ada jalan masuk setelah tangga penyeberangan sebelum lampu lalu lintas dekat RS St Carolus.

Setelah belok di jalan yang disebut Salemba tengah itu, terus ikuti sampai ke pertigaan dekat taman di depan mesjid.

Dari pertigaan taman itu, lurus saja melewati mesjid, di ujung taman itulah warung soto kaki Mencos berada.

Nama mencos sendiri berasal dari nama pasar yang tak jauh dari warung itu yang posisinya “mencong” dan dikenal dengan pasar Mencos.

Setelah pasar dipindahkan, nama Mencos masih melekat dan dipakai oleh beberapa warung, termasuk warung soto kaki Mencos.

Soto kaki mencos memiliki isi utama yang khusus bagian kaki, yaitu kikil, berbeda dengan soto tangkar yang bercampur dari semua bagian tubuh sapi.

Kuah soto ini sama seperti soto betawi lainnya, diolah dengan beragam bumbu, sehingga rasanya kental dan sedap gurih.

Sebenarnya yang membuat gurih dari kuah soto itu adalah campuan susu segar. Soto khas Betawi memang selalu menggunakan susu segar sebagai pemasok rasa gurih di kuahnya.

Saya termasuk penggemar soto. Di beberapa tempat berbeda, saya sudah mencoba berbagai jenis soto dari beragam daerah, baik dengan bahan utama ayam atau sapi yang menggunakan kuah bening atau keruh.

Saya sendiri mengetahui adanya soto mencos ini secara tidak sengaja. Kebetulan ada satu urusan di daerah Salemba tengah. Ketika makan siang, saya mencoba mencari tempat makan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x