Mohon tunggu...
Fajar Dwi Prasetyo
Fajar Dwi Prasetyo Mohon Tunggu... Hmmm

Welcome to my blog

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Sosial Guru di Dunia Pendidikan dan Masyarakat

25 Oktober 2020   00:27 Diperbarui: 25 Oktober 2020   00:50 27 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum Wr. Wb

Oke, Kali ini saya akan membahas tentang Peran Sosial Guru di Dunia Pendidikan Dan Masyarakat

Mari kita simak Pembahasan di bawah ini! 

A. Peran Sosial Guru di Dunia Pendidikan

Peranan social guru dalam pendidikanatau bisa disebut dengan kompetensi pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam mengajar peserta didik yang berupa pemahaman wawasan atau perancangan pembahasan aatau pelakasanaan pembelajaran atau evaluasi pembelajaran dan mengembangkan ola pikir peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki potensinya.

Guru dituntut harus memiliki kecakapan kerja yang baik dan kedewasaan dalam berpikir yang tinggi sebab guru sebagai pemangku jabatan yang profesional merupakan posisi yang bersifat strategis dalam kehidupan dan pembangunan masyarakat. 

Guru juga harus terus bisa memantapkan posisi dan perannya lewat usaha-usaha untuk mengembangkan kemampuan diri secara maksimal dan berkesinambungan dalam belajar lebih lanjut. Salah satunya yang melandasi pentingnya guru harus terus berusaha mengembangkan diri karena pendidikan berlangsung sepanjang Hayat. 

Hal ini berlaku untuk diri guru dan siswa di mana usaha seseorang untuk mencapai perkembangan diri serta karyanya tidak pernah selesai. Selain itu bahwa sistem pengajaran materi pengajaran dan penyampaian kepada peserta didik selalu perlu dikembangkan. Hal ini merupakan dampak dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Upaya pengembangan sistem pengajaran dan pembenahan isi serta teknologi organisasi materi pengajaran dan pencarian pendekatan strategi, metode, teknik pengajaran selalu perlu dikaji dan dikembangkan demi Efisiensi dan efektivitas kerja kependidikan.

B. Peran Sosial Guru di Lingkungan Masyarakat

Peran guru guru dalam mayarakat adalah sebagai pemimpin yang menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat sekitar. S. Nasution mengatakan, bahwa di masyarakat, guru harus selalu sadar akan kedudukannya selama 24 jam sehari. Dimana akan selalu dipandang sebagai guru yang harus memperlihatkan kelakuan atau kepribadiannya yang dapat ditiru oleh masyarakat, khususnya peserta didiknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN