Mohon tunggu...
Rani Sofya
Rani Sofya Mohon Tunggu... Dosen - Seorang Ibu, pengajar, pembelajar, hobi masak

Saya seorang yang tertarik tentang pendidikan, keilmuan, teknologi dan ilmu yang bermanfaat lainnya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Optimalisasi Layanan Administrasi Desa Berbasis Web Inovasi Smart Village

24 September 2021   01:23 Diperbarui: 24 September 2021   01:32 34 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sebagaimana kita ketahui bahwa trend organisasi abad 21 sangat dipengaruhi oleh globalisasi dan perkembangan teknologi digital (TIK) dengan penggunaan yang sangat masif di level korporasi (Suwatno, 2018). Di era semacam ini, dokumen dinilai memiliki sejumlah keterbatasan yang menghambat kebutuhan korporasi untuk beradaptasi dengan tuntutan zaman dalam konteks kecepatan informasi. 

Bahkan, Harries dalam Putranto (2017: 4) menyatakan bahwa saat ini pengelolaan informasi elektronik merupakan hal yang esensial bagi keberlangsungan bisnis suatu institusi yang disebabkan tuntutan untuk beradaptasi dengan lingkungan maupun memenuhi kepatuhan pada kebijakan. (Sumber)

Trend organisasi abad 21, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, tata kelola daerah juga di arahkan agar mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. 

Pemanfaatan semacam ini akan memudahkan penginformasian potensi nagari, sosialisasi kebijakan pembangunan, pendataan kependudukan dan geografis serta meningkatkan parsitisipasi masyarakat dalam pembangunan nagari, sebab kesalahan administrasi yang sepele akan berpengaruh pada keamanan dan berbagai data kependudukan. 

Terhadap hal itu salah satu bentuk peran  Perguruan Tinggi dalam kegiatan pengabdiaan masyarakat, tim pengabdi Dra Armida S, M,Si  Rini Sarianti SE M,Si dan Dr Zul Afdal  SPd,MPd  memberikan pelatihan kecakapan hidup dan dampingan kepada administrator di Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman dalam  mengembangkan desa digital untuk membantu ekonomi masyarat dan pelayanan publik/ masyarakat sebagai objek dari pembangunan, dengan judul kegiatan Optimalisasi Layanan Administrasi Desa berbasis Web inovasi Smart Village,  

Pelatihan Administrasi Desa berbasis web inovasi Smart Village dihadiri oleh Camat Pariaman Utara Bapak  Ahadi Nugraha S STP,MSi perangkat desa dan abdimas sekecamatan Pariaman Utara yang langsung dimonitoring oleh ketua Kapus pangabdian masyarakat LP2M UNP bapak  Dr Mawardi  M.Si.

Dalam sambutannya Camat Pariaman sangat apresied kegiatan UNP yang sejak tahun 2012 menjadikan  desa- desa di Pariaman Utara sebagai binaan pengabdian masyarakat UNP. Dengan adanya sistem administrasi desa akan mempermudah pelayanan pemerintah desa pada warganya.

Tidak hanya pemerintah desa, menurut pakar teknologi UNP Dr Yasdinul Huda MT yang merupakan salah satu nara sumber berpendapat wargapun cukup membuka aplikasi sideka dari rumah, untuk mengakses informasi dimanapun dan kapanpun mereka butuhkan, sideka disamping  mempermudah transparansi pemerintah desa pada warga, warga desa juga dapat  menyalurkan aspirasi secara mudah. 

Kegiatan ini dilakukan sejak tanggal 29-30 agustus 2021 secara luring bagi abdimas Pariaman Utara dan daring bagi mahasiswa keahlian Administrasi perkantoran yang mengambil mata kuliah Korespondensi Indonesia , Pendampingan  dan monitoring kegiatan dilakukan tanggal 4 dan 18 September 2021

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan