Mohon tunggu...
Rani Sofya
Rani Sofya Mohon Tunggu... Seorang Ibu, pengajar, pembelajar, hobi masak

Saya seorang yang tertarik tentang pendidikan, keilmuan, teknologi dan ilmu yang bermanfaat lainnya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0 di Masa Covid

26 November 2020   22:00 Diperbarui: 27 November 2020   23:54 55 1 0 Mohon Tunggu...

Lubuk Alung, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang  dilaksanakan 19 dan 26  Oktober lanjut 2 dan 9  November 2020. Kegiatan ini dipimpin oleh Ika Parma Dewi,S.Pd.M.Pd.T dengan anggota Drs. Putra Jaya, MT dan Mitra Lusiana, S.ST, M.Pd.T yang merupakan dosen Jurusan Teknik Elektronika serta dibantu mahasiswa Jurusan Teknik Elektronika.  Pembukaan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober yang berlokasi di SD 01 Lubuk Alung Kecamatan Pariaman, dihadiri oleh Pengawas Dinas SD Kecamatan Lubuk Alung “Armani,S.Pd.M.Pd” dan Kepala SD 01 kecamatan Lubuk alung “ Cori Agustin,S.Pd” dan diikuti 12 orang peserta. Pelatihan dilaksanakan 2 hari  dengan tatap muka menerapkan protokol covid-19, Tim PKM menyediakan handsanitizer dan masker untuk peserta pelatihan di samping juga menghimbau peserta untuk menerapkan social distancing dalam praktik. dan 2 hari dilaksanakan dengan aplikasi zoom.

Covid-19 menjadi pembicaraan yang hangat. di belahan bumi manapun, corona masih mendominasi ruang publik. Dalam waktu singkat saja, namanya menjadi trending topik, dibicarakan di sana-sini, dan diberitakan secara masif di media cetak maupun elektronik. Virus corona adalah jenis baru dari corona virus yang menyebabkan penyakit menular ke manusia. Proses pembelajaran di sekolah merupakan   upaya peningkatan pengetahuan dan skill. Sebagian besar  siswa menganggap  sekolah adalah kegiatan yang  menyenangkan terutama siswa Sekolah Dasar. Siswa  bisa berinteraksi satu sama lain. Sekolah dapat meningkatkan keterampilan sosial dan kesadaran kelas sosial siswa. Sekolah secara keseluruhan adalah media interaksi antar siswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan intelegensi, skill dan rasa kasih sayang diantara mereka. Tetapi sekarang kegiatan yang bernama sekolah berhenti dengan tiba-tiba karena gangguan Covid-19. Sekolah memberikan solusi dengan pembelajaran daring.

SE Nomor 4 Tahun 2020 juga menjelaskan tentang ketentuan pelaksanaan proses belajar dari rumah. Disebutkan bahwa belajar dari rumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan. Aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah dapat bervariasi antar siswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar di rumah. Di era disrupsi yang semakin canggih ini, guru dituntut agar memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi khususnya sebagai alat pembelajaran. Wawancara dengan salah satu guru KKG Wilayah 1 Kecamatan Lubuk Alung bahwa guru-guru masih melaksanakan pembelajaran pembagian buku-buku dan penyerahan tugas secara manual dan sabtu siswa mengantarkan tugas-tugas ke wali kelas masing-masing. Guru 75 % belum bisa menggunakan aplikasi zoom dan google classroom dalam melaksanakan Proses pembelajaran dan pembuatan media pembelajaran dengan software filmora .

Permasalahan yang dialami guru  diatas merupakan salah satu tanggung jawab dosen selaku pendidik, dimana dari Tridharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan terdapat poin pengabdian kepada masyarakat. Profesi dosen wajib melakukan pengabdian kepada masyarakat terkait permasalahan yang muncul disekitarnya. Berdasarkan permasalahan yang dialami guru-guru SD pada point awal, kami tim pengabdian masyarakat dari Jurusan Teknik Informatika melalui LP2M UNP bekerjasama dengan sekolah dalam menghadirkan kebaruan kompetensi. Kegiatan ini dengan judul “Meningkatkan Kompetensi Guru melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran Berbasis IT dalam menghadap Era Revolusi 4.0 dimasa covid-19”.

dokpri
dokpri
Dari hasil evaluasi yang dilakukan tim PKM terlihat peningkatan pengetahuan dan praktek peserta   terkait 1) pembuatan dan pengunaan aplikasi zoom 100%, 2) pembuatan media pembelajaraan 80 % dan 3) pembuatan “google classroom” sebesar 80 % seperti gambar di bawah ini:

dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN