Mohon tunggu...
Muhammad SofiyullohFuady
Muhammad SofiyullohFuady Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa

22 November 2019   10:31 Diperbarui: 22 November 2019   10:46 19 3 0 Mohon Tunggu...

Apa kabar sobat kompassiana,

Terkadang belajar adalah suatu hal yang membosankan,namun belajar itu harus tetap di lakukan, agar dapat trus melatih kecerdasan otak. Terkadang juga belajar itu tergantung mood kita, disini saya akan meberikan sedikit tentang upaya meningkatkan belajar siswa dan faktor-faktor nya. 

Oke langsung saja ke pembahasan nya.

Pengertian minat belajar.
Oke langsung saja kita bahas mengenai pengertian minat belajar. Jadi yang dinamakan minat belajar dari penjelasan Samleto adalah rasa lebih suka dan rasa keterkaitan pada suatu hal atau aktifitas, tanpa  ada yang menyuruh. Jadi dapat di fahami minat adalah tindakan memasukkan sesuatu dengan adanya sifat sukarela atau  ikhlas tanpa adanya tekanan khusus untuk melakukan hal tersebut.

Ada beberapa faktor yang mempengeruhi mengapa minat belajar menurun? 

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa:

  • Faktor kesehatan.
  • Faktor cacat tubuh juga mempengaruhi minat belajar.
  • Faktor Psikologi

Lalu upaya apa yang dapat dilakukan untuk meningkat kan minat belajar? Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar :

Kurikulum yang berbasis proses pembelajaran yang mengedepankan pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan mencoba untuk meningkatkan kreativitas

Model pembelajaran yang kooperatif, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja kelompok dalam memecahkan suatu masalah secara bersama-sama.

Banyak memberikan dorongan (motivasi) kepada siswa. Guru dituntut menyajikan pembelajaran yang menarik.

Mungkin itu tadi yang dapat saya sampaikan dari artikel ini. Semoga bermanfaat. Ingat jangan lupa belajar, dengang belajar secara tidak langsung kita akan melatih kecerdasan otak kita.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x