Mohon tunggu...
Sofie Aqila ikmal Robbanie
Sofie Aqila ikmal Robbanie Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Hai nama saya Sofie, Sofie Aqila Ikmal Robbanie. Saya adalah salah satu dari banyak manusia yang terlahir di bumi ini, dulu saya tidak tahu untuk apa saya terlahir dibumi ini, seiring berjalannya waktu saya paham bahwa ada banyak misi yang harus saya laksanakan. Lahir dan tumbuh di Bogor pada 29 April 2004, saya menempuh pendidikan dari taman kanak-kanak hingga menegah atas di salah satu lembaga pendidikan pesantren yakni, RA Al-Fatah, MI Al-Fatah, MTS Al-Fatah, dan MA Al-Fatah. Saya hidup di lingkungan yang bisa dibilang cukup religisus, namun tidak bisa di pungkiri meski saya tinggal di ruang lingkup keluarga dan masyarakat yang seperti itu, saya masih jauh dari kata baik. Sekarang saya sedang menempuh pendidikan S1 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Ada dua alasan yang membuat saya memilih universitas dan prodi itu yaitu, karena saya ingin bisa melanjutkan pendidikan di universitas yang tetap berbasiskan islam, kemudian alasan kedua yaitu saya ingin belajar agar mampu untuk menyampaikan nilai-nilai islam yang sesungguhnya kepada banyak manusia terutama kepada orang-orang yang memandang buruk islam, karena tidak sedikit orang yang bahkan muslim sendiri mengidap islamophobia. "Life Is Choice" adalah kata yang selalu saya ingat ketika saya sedang bermalas-malas ria. Benar, saya sama seperti manusia pada umumnya yang memiliki sifat malas, ketika sifat malas menguasai jiwa, saya teringat pada kutipan yang ada pada buku karya Felix Y. Siauw yaitu kalimat "life is choice" yang berarti hidup adalah pilihan yang memiliki makna luasnya yakni baik atau buruk, benar atau salah, biasa atau istimewa, apabila ingin menjadi orang yang biasa-biasa saja maka bertindaklah seperti orang biasa pada umumnya, namun jika ingin menjadi orang yang istimewa maka bertindaklah seperti orang-orang yang istimewa.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Hai

25 September 2022   08:01 Diperbarui: 25 September 2022   17:18 46 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Hai nama saya Sofie, Sofie Aqila Ikmal Robbanie. Saya adalah salah satu dari banyak manusia yang terlahir di bumi ini, dulu saya tidak tahu untuk apa saya terlahir dibumi ini, seiring berjalannya waktu saya paham bahwa ada banyak misi yang harus saya laksanakan. Lahir dan tumbuh di Bogor pada 29 April 2004, saya menempuh pendidikan dari taman kanak-kanak hingga menegah atas di salah satu lembaga pendidikan pesantren yakni, RA Al-Fatah, MI Al-Fatah, MTS Al-Fatah, dan MA Al-Fatah. Saya hidup di lingkungan yang bisa dibilang cukup religisus, namun tidak bisa di pungkiri meski saya tinggal di ruang lingkup keluarga dan masyarakat yang seperti itu, saya masih jauh dari kata baik.

Sekarang saya sedang menempuh pendidikan S1 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Ada dua alasan yang membuat saya memilih universitas dan prodi itu yaitu, karena saya ingin bisa melanjutkan pendidikan di universitas yang tetap berbasiskan islam, kemudian alasan kedua yaitu saya ingin belajar agar mampu untuk menyampaikan nilai-nilai islam yang sesungguhnya kepada banyak manusia terutama kepada orang-orang yang memandang buruk islam, karena tidak sedikit orang yang bahkan muslim sendiri mengidap islamophobia.

"Life Is Choice" adalah kata yang selalu saya ingat ketika saya sedang bermalas-malas ria. Benar, saya sama seperti manusia pada umumnya yang memiliki sifat malas, ketika sifat malas menguasai jiwa, saya teringat pada kutipan yang ada pada buku karya Felix Y. Siauw yaitu kalimat "life is choice" yang berarti hidup adalah pilihan yang memiliki makna luasnya yakni baik atau buruk, benar atau salah, biasa atau istimewa, apabila ingin menjadi orang yang biasa-biasa saja maka bertindaklah seperti orang biasa pada umumnya, namun jika ingin menjadi orang yang istimewa maka bertindaklah seperti orang-orang yang istimewa.

Saya tidak memiliki hobi, namun ada beberapa kegiatan yang menurut saya cukup menyenangkan yaitu membaca, karena dengan membaca saya mendapatkan banyak sekali wawasan baru walaupun mata saya tidak kuat berlama-lama melihat sekumpulan huruf, kata, dan kalimat yang sangat memusingkan itu. Saya suka menonton drama Korea walaupun satu judul drama dengan episode yang banyak dengan setiap episode kurang lebih satu jam, saya tahu itu adalah hal yang sangat membuang-buang waktu dan sekarang saya sedang mencoba untuk beralih pada hal yang lebih bermanfaat. Terakhir, saya suka olahraga, lebih tepatnya silat, awal mula saya mengikuti silat yaitu pada saat MI, kemudian lanjut saat MTS, saat MTS saya mengikuti perlombaan silat untuk pertama kalinya dan keberuntungan ada pada saya, saya menang. Lanjut ketika MA saya ikut lomba silat untuk yang ke-2 dan ke-3 kalinya. Di perlombaan ke-2 saya kalah kemudian di perlombaan ke-3 saya menang lagi. Saat pertama kali mengikuti lomba silat itulah saya mulai menyukai olahraga.

Saya tidak memiliki cita-cita yang spesifik tapi yang pasti saya ingin bisa menebarkan kebaikan, kebermanfaatan, serta ikut berkontribusi mengembalikan kejayaan islam seperti pada masa Daulah Usmani saat pemerintahan Mehmed II yang juga dikenal dengan nama Muhammad Al Fatih. Walaupun terdengar seperti hal yang mustahil untuk mengembalikan kejayaan islam tapi saya akan mencoba dan dengan adanya Blog ini saya harap bisa menjadi jembatan menuju tujuan saya.

Sekian terimakasih dan selamat berjuang untuk para pejuang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan