Sofian Pian
Sofian Pian PNS Pemda Sulawesi Tengah

pns, pedagang kecil dan lelaki penikmat senja, diteluk palu

Selanjutnya

Tutup

Manajemen

Penilaian Kinerja

3 Juni 2015   10:13 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:23 81 0 0

Penilaian kinerja merupakan suatu alat manajemen yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan akuntabilitas.Penilaian kinerja juga digunakan untuk menilai pencapaian tujuan dan sasaran (Mondey 2008).Penilaian kinerja digunakan untuk penilaian atas keberhasilan/kegagalan pelaksanaan kegiatan/program/kebijakan sesuai dengan sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan dalam rangka mewujudkan misi dan visi organisasi.Karenanya, sudah merupakan suatu hal yang mendesak untuk menciptakan sistem yang mampu untuk menilai kinerja dan keberhasilan organisasi.Untuk dapat menjawab pertanyaan tingkat keberhasilan organisasi, maka seluruh aktivitas organisasi tidak semata-mata kepada input dari program organisasi, tetapi lebih ditekankan kepada output, proses, manfaat, dan dampak program organisasi.




Penilaian kinerja penting peranannya sebagai alat manajemen untuk : (1) Memastikan pemahaman pelaksana akan ukuran yang digunakan untuk mencapai kinerja.(2) Memastikan tercapainya rencana kerja yang disepakati. (3) Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kinerja dan membandingkannya dengan rencana kerja serta melakukan tindakan untuk memperbaiki kinerja. (4) Memberi penghargaan dan hukuman yang obyektif atas kinerja pelaksana yang telah diukur sesuai sistem pengukuran kinerja yang disepakati.(5) Menjadi alat komunikasi antar karyawan dan pimpinan dalam upaya memperbaiki kinerja organisasi.(6) Mengidentifikasi apakah kepuasan pelanggan sudah terpenuhi.(7) Membantu memahami proses kegiatan organisasi.(8) Memastikan bahwa pengambilan keputusan dilakukan secara obyektif.(9) Menunjukkan peningkatan yang perlu dilakukan.(10) Mengungkap permasalahan yang terjadi.




Sistem penilaian kinerja membantu pimpinan dalam memantau implementasi strategis kegiatan dengan cara membandingkan antara hasil aktual dengan sasaran dan tujuan strategis.Sistem penilaian kinerja biasanya terdiri dari metode sistematis dalam penetapan sasaran dan tujuan dan pelaporan periodik yang mengindikasikan realisasi atas pencapaian sasaran tujuan.Penilaian kinerja merupakan metode menilai kemajuan yang telah dicapai dibandingkan dengan tujuan yang telah ditetapkan.Penilaian kinerja tidak dimaksudkan berperan sebagai mekanisme untuk memberikan penghargaan/hukuman, akan tetapi pengukuran kinerja berperan sebagai alat komunikasi dan alat manajemen untuk memperbaiki kinerja organisasi.



Referensi



R. Wayne Mondy. Robert M.Noe III. 1993, Human Reource Management. Fifth Edision, USA.

R.wayne Mondey (2008) Manajemen Sumber daya Manusia , Jilid 1, Edisi Indonesia, Bayu Airlangga ,Penerbit Gelora Aksara Pratama, Jakarta