Mohon tunggu...
Siti Sofiah Mabrukah
Siti Sofiah Mabrukah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI Bandung

KKN Tematik Bidang Pendidikan 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UPI 2021: Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan di Kota Bandung

26 Juli 2021   11:41 Diperbarui: 26 Juli 2021   12:04 112 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UPI 2021: Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan di Kota Bandung
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada perekonomian masyarakat, tetapi juga mempengaruhi sistem pendidikan Indonesia. Adanya virus Covid-19 aktivitas masyarakat menjadi terganggu sehingga membuat masyarakat di Indonesia harus tetap diam dirumah untuk memutus mata rantai virus Covid-19 agar tidak semakin menyebar.

Berdasarkan data Pusat Informasi Covid-19 Kota Bandung total kasus terkonfirmasi pada tanggal 26/07/2021 pukul 08.51 sebanyak 34.865. Konfirmasi aktif 8.203, konfirmasi sembuh 25.491 dan konfirmasi meninggal 1.171. Pemerintah kota Bandung memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat hingga tanggal 2 Agustus 2021, maka dari itu masa belajar di rumah bagi pendidik dan tenaga pendidik juga diperpanjang hingga waktu yang telah diberlakukan.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah pendidikan sistem belajar yang dilakukan oleh peserta didik dan instruktur (guru) melalui media atau biasanya sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya. Kebijakan PJJ Kemendikbud mendapat berbagai macam respon dari publik. Meskipun begitu, terdapat dua masalah utama yang menghambat efektivitas proses PJJ yaitu keterbatasan akses terhadap internet dan keterbatasan kapabilitas tenanga pelajar.

Pemerintah Kota Bandung tetap mengantisipasi pelaksanaan pembelajaran PJJ ditahun ajaran baru 2021-2022. Kepala bidang Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Bambang Ariyanto mengungkapkan persiapan PTMT sudah sangat ketat. Dari 3.352 satuan pendidikan disemua jenjang hanya 330 sekolah yang dinyatakan layak melakukan uji coba PTMT. Namun ada beberapa sekolah yang batal melakukan uji coba PTMT. Hal itu mengingat ada kepala sekolah ataupun guru yang terkonfirmasi Covid-19 ataupun wilayah sekolah yang terdeteksi zona merah.

Bambang Ariyanto telah menyiapkan sejumlah inovasi menghadapi tahun ajaran baru. Diantaranya yakni:

1. Menyiapkan kurikulum khusus yang disesuaikan dengan kondisi saat PJJ

2. Sekolah sedang mempersiapkan video pembelajaran, yang dikoordinasikan oleh kepala sekolah, para ketua zona, kelompok kerja guru dan musyawarah guru mata pelajaran. Sehingga apabila dilakukan PJJ, makan materi pembelajaran sudah siap

3. Sekolah atau guru-guru sedang menyusun modul pembelajaran. Modul ini diberikan kepada peserta didik yang mengikuti pembelajaran yang terkendala oleh alat pembelajaran secara daring

4. Pemanfaatan aplikasi Si Kaya (Sistem Kelas Maya) dan aplikasi Puber (Pusat Belajar), guru-guru sudah menyimpan berbagai materi digital.

Peserta didik dapat memanfaatkan aplikasi yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota Bandung ataupun yang disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

KKN Tematik Bidang Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN