Mohon tunggu...
Sofia Amalia
Sofia Amalia Mohon Tunggu... Mahasiswa

mahasiswa yang kadang-kadang nulis, sedang dituntun jadi penulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Gifted dan Talented, Antara Gangguan atau Bakat yang Berlebihan

30 Oktober 2020   11:09 Diperbarui: 30 Oktober 2020   11:24 138 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gifted dan Talented, Antara Gangguan atau Bakat yang Berlebihan
Kidspot.com

While the label "gifted" sounds like a lucky break, it isn't always

Meskipun label "berbakat" terdengar seperti keberuntungan, sebenarnya tidak selalu demikian

ehhh tau gak sih kalian...anaknyaa tetanggaku itulohhh..si pak Budi..anaknya pinter banget..

masa baru kelas satu, tapi udah kaya anak kelas enam aja...

wahh beruntung banget yaa..punya anak pinter kaya gitu...

orang tua mana yang  tidak mendamba-dambakan anak dengan kecerdasan di atas rata-rata?

Pastinya semua orang tua sangat menginginkan, dan berusaha untuk melakukan apapun agar anak mereka menjadi pintar dan berprestasi di sekolah.

 

Tapi kok anak pak Budi bisa sepintar itu? Padahal masih kelas satu, pinternya udah kaya anak kelas enam. Jika bertemu Pak Budi secara langsung, mungkin orang tua lainnya langsung meminta tips agar anaknya ikutan pintar di atas rata-rata

Ya ampun pak budi, dikasih makan apasihh anaknya, kok bisa pinter gituuuu

Rahasianya apa dong pakk, bagi-bagilahhhh

Apa...jangan-jangan dikasih odading mang oleh yahh?, biar anaknya kaya (ironman) Einsten

Gifted dan Talented

Karena mungkin pak Budi akan bingung bagaimana cara menjelaskannya, mari kita pelajari bersama mengenai fenomena yang terjadi pada anak Pak budi dengan bakat luar biasa yang ia miliki.

Saya awali dengan pembahasan gifted dan talented. Kedua kata tersebut merupakan kata dari bahasa inggris yang jika kita terjemahkan, sama-sama memiliki arti berbakat, atau talented akan memiliki arti bertalenta yang pada akhirnya juga memiliki arti yang sama dengan berbakat. Lalu apa bedanya?

Seperti Cristian Ronaldo yang sangat cerdik dalam menggiring bola atau seorang drumer legendaris, John Bonham, yang sangat piawai dalam menambuh drum. Mereka tentu sangat berbakat bukan?

Pada umumnya kita selalu mengartikan kata "Berbakat" sebagai sifat dari sesorang yang sangat ahli dalam melakukan sesuatu, biasanya lebih kepada hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan non akademik seperti olahraga, seni, atau yang lainnya. Jadi bisa kita katakan bahwa Ronaldo dan John Bonham memanglah orang-orang yang berbakat. Namun, apakah mereka gifted atau talented?

Ternyata, mereka adalah orang-orang yang talented atau bertalenta atau berbakat. Dari sebuah artikel yang saya baca, berbakat (talented) sendiri memiliki arti  bakat atau keterampilan alami sesorang dalam suatu bidang tertentu khususnya dalam pelajaran praktis seperti tari, musik, desain, seni, dan pendidikan jasmani. 

Bakat (talented) bisa muncul kepada individu mana saja namun, hal ini kembali lagi ke individu tersebut dan lingkungan yang mendukung. Biasanya orang-orang yang berbakat dalam suatu bidang (talented) dikarenakan mereka tumbuh di dalam lingkungan yang juga menggeluti bidang yang sama. Contohnya anak-anak yang lahir dengan kedua orang tua yang berprofesi sebagai musisi cenderung memiliki bakat di bidang yang sama (musik).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN