Mohon tunggu...
Surya Rianto
Surya Rianto Mohon Tunggu... Blogger, Jurnalis Ekonomi, Pecinta Badminton, dan Anime

Blogger, Jurnalis Ekonomi, Pecinta Badminton, Penggemar Anime dan Dorama Jepang.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Ternyata, Ini Latar Belakang Orang Indonesia yang Kaya di China

16 Oktober 2019   15:51 Diperbarui: 16 Oktober 2019   15:56 245 3 1 Mohon Tunggu...
Ternyata, Ini Latar Belakang Orang Indonesia yang Kaya di China
Dua taipan Indonesia di China./ Sumber: Instagram Bisniscom

Hasil riset Hurun yang dirilis pada pekan lalu bisa dibilang cukup mengejutkan bagi warga Indonesia. Ternyata, ada dua warga kelahiran Indonesia yang tercatat menjadi orang asing terkaya di China. Kedua orang itu adalah Tedy Djuhar dan Elijah Widjaja. Siapa mereka hingga bisa menjadi orang asing terkaya di China?

Mengutip dari Bisnis.com, kedua orang itu memiliki hubungan erat dengan dua konglomerasi besar di tanah air. 

Tedy Djuhar yang tercatat sebagai orang asing terkaya kedua di China dengan harta kekayaan US$3,4 miliar disebut memiliki perusahaan bernama RongQiao. Perusahaan itu bergerak di bidang perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti, real estate, perdagangan, manajemen properti, hotel, pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lainnya.

Namun, bisnis Tedy Djuhar tidak hanya itu, ternyata orang asing terkaya di China itu memiliki hubungan dengan Sutanto Djuhar. Siapa Sutanto ini? konon dia adalah salah satu dari empat pendiri Grup Salim. 

Hal itu bisa dibilang berlanjut hingga sekarang, Tedy Djuhar menjabat direktur noneksekutif di First Pacific Company. Perusahaan itu adalah induk usaha dari First Pacific Investment Management yang merupakan pemegang saham mayoritas PT Indofood Sukses Makmur Tbk. 

Pemegang saham utama First Pacific Company adalah Anthoni Salim sebesar 44,32%, sedangkan keluarga Tedy Djuhar juga memiliki saham di First Pacific Company sebanyak 16,16% dengan rincian 12,12% milik ayahnya Sutanto, sedangkan 4,04% milik Tedy secara langsung. 

Jika Tedy punya hubungan dengan Grup Salim, Elijah Widjaja justru punya hubungan kuat dengan Sinarmas Grup. Elijah Frankle Widjaja (Djafar) itu menjadi orang asing terkaya ketiga di China dengan total kekayaan US$2,7 miliar. Elijah disebut Hurun memiliki bisnis Bund Center yang bergerak di bidang real estate. 

Sosok Elijah sendiri adalah anak dari Eka Tjipta Widjaja atau pendiri Sinarmas Grup. Saat ini, Elijah menjabat sebagai chairman dan CEO di Bund Center Investment Ltd. dan Shanghai Golden Bund Real Estate Co. Ltd.

Bund Center Investment dimiliki oleh Flambo Bund Center yang dimiliki langsung oleh keluarga Widjaja alias Sinarmas Grup. 

Jadi, dua orang terkaya di dunia itu punya hubungan erat dengan dua konglomerasi ini toh.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x