Mohon tunggu...
Agate SEO
Agate SEO Mohon Tunggu... -

Digital Marketing Manager di Traveloka.com dan penulis di AgateSEO.com, tempat belajar tentang SEO, SEM, blogging, bisnis online dan digital marketing.

Selanjutnya

Tutup

Money

Cara Mudah Memulai Bisnis Online e-Commerce!

3 November 2014   21:52 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:46 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah mengenali seluk beluk bisnis online e-commerce, kini Anda harus memikirkan langkah selanjutnya jika memang telah memutuskan untuk memulai bisnis di sektor ini. Artikel ini akan memaparkan kepada Anda tentang langkah awal dalam memulai bisnis online e-commerce serta apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menjadi seorang wirausaha di sektor ini.

Baby Step E-Commerce

Langkah-langkah dasar untuk memulai bisnis online E-commerce tidak jauh berbeda dengan memulai bisnis pada umumnya. Tapi, terdapat beberapa hal khusus yang perlu dipersiapkan. Tahapan yang dimaksudkan adalah:

  • Tentukan tujuan/cita-cita yang ingin dicapai (set the goals)
  • Lakukan analisis SWOT secara mendalam dan jujur
  • Tentukan visi (menjadi apakah bisnis ini pada 5 atau 10 tahun mendatang)
  • Tentukan misi tahun pertama (meliputi penyusunan strategi penjualan, profit, traffic, konsumen, sistem kerja, partner bisnis, konsep kreatif bisnis e-commerce, dan staf)
  • Pelajari dan pahami ketentuan hukum yang berlaku dengan baik (hukum privasi, keamanan transaksi, hak cipta, maupun pajak).
  • Mulai mengeksekusi konsep bisnis (website, social media, blog, partner bisnis, promosi)

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Online E-commerce?

Terdapat tujuh kebutuhan utama yang menjadi modal awal Anda untuk memulai bisnis online e-commerce. Berikut ini telah kami sesuaikan dengan kondisi yang ada untuk memudahkan Anda memahaminya.

Nama brand

Mulailah dengan menentukan nama brand Anda. Buat nama yang sederhana, namun unik dan mudah dikenali konsumen. Sebaiknya gunakan nama brand yang mencerminkan posisioning bisnis Anda. Lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui nama brand yang sudah ada.

USP (Unique Selling Point)

Tentukan dengan seksama apa saja keunikan brand Anda yang akan menjadi alasan utama konsumen mencari Anda. Semakin spesifik semakin baik. Tonjolkan keunikan yang menjadi solusi masalah konsumen.

Website

Bangun website sesegera mungkin. Gunakan tampilan yang segar dan memudahkan konsumen untuk menjelajah. Jika Anda belum memahami detail membuka dan mengelola “toko online”, saat ini telah banyak mitra penyedia layanan e-commerce terpercaya di internet. Shopify adalah salah satu platform toko online global favorit yang saat ini telah hadir di Indonesia untuk memudahkan orang mengelola toko online-nya sendiri.

Produk

Tentukan produk apa yang ingin Anda perdagangkan. Terdapat dua kategori produk yaitu fisik dan digital. Jika Anda memutuskan untuk menjual produk fisik, sebaiknya pilih yang lokal. Produk lokal memiliki kelebihan; stok mudah didapat, dan kemungkinannya lebih besar untuk disukai/dibutuhkan konsumen. Sementara jika Anda memutuskan untuk menjual produk digital, sebaiknya pilih produk yang langka dan sulit ditemukan di website lain. Namun untuk produk jenis ini, Anda harus lebih berhati-hati dengan hak cipta.

Metode pembayaran

Tentukan metode pembayaran yang memudahkan Anda maupun konsumen menyelesaikan transaksi bisnis. Jika menggunakan jasa mitra penyedia layanan e-commerce, fasilitas pembayaran biasanya telah tersedia satu paket. Namun jika tidak, Anda bisa mulai dengan membuat akun PayPal, atau yang paling mudah adalah melalui transfer antar-rekening.

Mekanisme supply produk

Untuk produk digital, biasanya mitra penyedia layanan e-commerce akan memberikan pengaturan otomatis (file langsung dikirim ke konsumen setelah pembayaran tuntas). Khusus produk fisik, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan pada tahap awal menjalankan bisnis e-commerce, yaitu:

  • Gunakan jasa pengiriman barang (pihak ketiga) yang terpercaya, memiliki ongkos kirim paling kompetitif, serta memiliki area jangkauan pengiriman yang luas.
  • Buatlah jadwal pengiriman barang

Traffic web yang berkualitas

Anda harus mulai memahami secara bertahap mengenai metode marketing online untuk meningkatkan traffic website. Terdapat beberapa metode umum yang perlu Anda ketahui, seperti affiliate marketing, referral marketing, SEO, dan link building. Ajeet Khurana menyarankan agar menggunakan metode pay per click sebagai tahap awal. Saat traffic semakin meningkat, Anda harus menjaganya dengan membina komunikasi yang baik dengan pengunjung website. Berikan respon yang cepat dan tepat apabila pengunjung website bertanya atau berkomentar sesuatu.

Kesimpulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun