Mohon tunggu...
soemitros
soemitros Mohon Tunggu...

warga negara biasa yang belajar peduli...

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Diplomasi BKS: Dari Presiden Zuma, Fiona Hingga Jacques d'Estas

11 Maret 2017   11:06 Diperbarui: 11 Maret 2017   14:16 373 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Diplomasi BKS: Dari Presiden Zuma, Fiona Hingga Jacques d'Estas
SERIUS - Menhub Budi Karya Sumadi berbincang dengan Menteri Pembangunan Regional, Pemerintah Daerah dan Wilayah Australia Fiona Nash, Kamis (9/) (Foto Antara/Wartaplus.com)

SEPEKAN terakhir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS) mengadakan pembicaraan dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Gedleyehlekisa Zuma dan Menteri Pembangunan Kawasan/Menteri Pemerintahan Lokal dan Teritori/Menteri Komunikasi Regional Senator Fiona Nash.

BKS juga bertemu Deputy CEO BNP Paribas dari Paris Perancis yakni Jacques d'Estas bersama jajarannya dalam rangka mendukung pembangunan dan pertumbuhan sektor pariwisata. Utamanya dukungan transportasi yang memadai bagi wisatawan mancanegara (wisman).

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, sektor ini ditargetkan sebesar 15 juta wisman selama tahun 2017. Menteri Perhubungan bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya dan kementerian terkait bekerja keras mewujudkan itu semua.

"Beberapa hal yang akan kita jajaki dengan Afsel adalah kerjasama bidang penerbangan dan perkeretaapian di Kalimantan," katanya usai melakukan pembicaraan dengan Presiden Afsel Jacob Gedleyehlekisa Zuma, di Jakarta, Rabu (8/3).

Presiden Zuma datang ke Indonesia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA). KTT IORA berlangsung selama tiga hari, 4-6 Maret 2017, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan dan diikuti 21 negara anggota IORA.

Ke-21 negara itu adalah Australia, Bangladesh, Comoros, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagascar, Malaysia, Mauritius, Mozambique, Oman, Seychelles, Singapura, Somalia, Afrika Selatan, Srilanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab dan Yaman.

BKS yang melepas kepulangan Presiden Zuma di Bandara Halim Perdanakusuma menyatakan, transportasi pertambangan di Afsel sudah cukup maju. Mereka menyampaikan ketertarikannya berinvestasi di Kalimantan untuk angkutan batubara. Teknis kerjasama akan dibicarakan lebih lanjut.

Sehari setelah bertemu Presiden Zuma, Kamis 9 Maret 2017, Menhub bertemu Fiona Nash, Menteri Pembangunan Kawasan/Menteri Pemerintahan Lokal dan Teritori/Menteri Komunikasi Regional. Konektifitas wilayah Timur Selatan Indonesia dengan wilayah utara Australia menjadi bahasan keduanya.

Dalam pertemuan itu, BKS mendorong penambahan rute dan jumlah penerbangan ke Kawasan Wisata Mandalika di Lombok selain ke Kawasan Wisata di Bali dan Labuan Bajo. Sementara Fiona memberikan tawaran pembukaan rute penerbangan baru dari Indonesia ke Christmas Island.

Upaya meningkatkan jumlah arus wisatawan kedua negara juga mendorong perluasan pelayaran cruise di rute Labuan Bajo-Komodo-Benoa ke Maluku dan Papua (Raja Ampat).

Selain transportasi, Australia menyampaikan ketertarikannya bekerjasama dibidang pertanian. Menhub BKS dan Menhub Fiona sepakat menindaklanjuti hasil pembicaraan bagi peningkatan konektifitas pada acara 4th Transportation Forum di Bali 5-6 April mendatang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN