Mohon tunggu...
Sultoni
Sultoni Mohon Tunggu... Freelancer - Pengamat Politik dan Kebijakan Publik AMATIRAN yang Suka Bola dan Traveling

Menulis untuk mengasah dan melatih nalar berfikir. Menulis sebagai upaya untuk meninggalkan jejak yang positif bagi peradaban. Menulis untuk melawan lupa.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Artikel Utama

Mengenal "Perahu Ketek ", Alat Transportasi Air Legendaris di Kabupaten Batanghari

17 November 2022   12:34 Diperbarui: 20 November 2022   10:30 862
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perahu ketek berukuran sedang melintas di Sungai Batang Hari. Foto : dok. Pribadi 

Sesuai dengan namanya, Kabupaten Batanghari adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jambi yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh aliran dari Sungai Batang Hari.

Hampir seluruh desa-desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Batanghari terletak disepanjang aliran Sungai Batang Hari ini.

Sungai Batang Hari sendiri dinobatkan sebagai sungai terpanjang di pulau Sumatera. Total panjangnya diperkirakan mencapai kurang lebih 800 KM dan membentang dari Provinsi Jambi hingga Provinsi Sumatera Barat.

Dengan lanskap alam yang dikelilingi oleh Sungai Batang Hari tersebut, maka sangat wajar jika transportasi air masih menjadi alat transportasi populer bagi masyarakat di Kabupaten Batanghari saat ini, khususnya di daerah-daerah yang tidak bisa diakses dengan alat transportasi darat karena memang secara geografis terpisah oleh aliran Sungai Batang Hari.

Dahulu kala, sebelum akses jalan darat di Kabupaten Batanghari sebagus saat ini, mayoritas masyarakat masih menggunakan alat transportasi air sebagai alat transportasi utama untuk melakukan kegiatan sehari-hari, seperti berbelanja kepasar, menuju ke lahan perkebunan atau pertanian, mencari ikan dan lain-lain.

Masyarakat sedang menaiki perahu ketek untuk menyebrangi Sungai Batang Hari di Ds. Teluk Melintang Kec. Mersam Kab. Batanghari Foto : dok. Pribadi 
Masyarakat sedang menaiki perahu ketek untuk menyebrangi Sungai Batang Hari di Ds. Teluk Melintang Kec. Mersam Kab. Batanghari Foto : dok. Pribadi 

Namun seiring dengan perkembangan zaman dan dengan semakin membaiknya insfratruktur jalan yang ada di Kabupaten Batanghari, secara perlahan-lahan alat transportasi air sudah mulai ditinggalkan oleh mayoritas masyarakat karena lebih efisien jika bepergian dengan menggunakan alat transportasi darat.

Namun demikian, hingga saat ini masih terdapat satu alat transportasi air yang legendaris dan masih sering digunakan oleh masyarakat di Kabupaten Batanghari yakni  " Perahu Ketek". 

Hingga saat ini perahu ketek masih menjadi alat transportasi air yang cukup populer dan paling sering digunakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah yang terisolir karena akses jalan darat yang ada terhalang oleh aliran Sungai Batang Hari.

Perahu ketek sendiri merupakan sejenis kapal atau perahu yang digunakan secara khusus oleh masyarakat di Kabupaten Batanghari untuk menyebrangi Sungai Batang Hari menuju ke desa-desa tertentu yang tidak bisa diakses dengan jalur darat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun