Mohon tunggu...
Sultoni
Sultoni Mohon Tunggu... Freelancer - Pengamat Politik dan Kebijakan Publik AMATIRAN yang Suka Bola dan Traveling

Menulis untuk mengasah dan melatih nalar berfikir. Menulis sebagai upaya untuk meninggalkan jejak yang positif bagi peradaban. Menulis untuk melawan lupa.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Megawati Soekarnoputri: Queen Maker Pilpres 2024

15 November 2022   17:25 Diperbarui: 15 November 2022   17:46 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ketua umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri. Foto : Rmol.id

Jika dibandingkan dengan tokoh-tokoh politik bangsa yang ada saat ini, khususnya yang masih memiliki kepentingan dengan pilpres 2024, tidak berlebihan rasanya kalau penulis menyebut Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, sebagai queen maker pilpres 2024.

Hal tersebut tidak terlepas dari moncernya sepak terjang politik presiden RI kelima ini dalam menahkodai partai yang berjuluk "partainya wong cilik" alias PDI-P selama kurang lebih 23 tahun terakhir.

Hingga detik ini, tokoh politik senior yang juga putri dari sang putra fajar, bapak bangsa NKRI, Ir. Soekarno ini, telah terbukti menjadi episentrum utama dalam konstelasi percaturan politik nasional penentuan capres-cawapres oleh partai-partai politik dalam menyambut hajatan pilpres 2024 mendatang.

Kematangan berpolitik tokoh perempuan paling berpengaruh di seantero Republik Indonesia yang telah berusia 75 tahun ini, sudah sangat teruji dengan panjangnya pengalaman berpolitik yang pernah ia jalani sejak masa orde baru hingga saat ini.

Suksesnya PDI-P menjadi partai pemenang dalam kontestasi pemilu dan pilpres untuk dua kali berturut-turut, yakni pada pemilu dan pilpres 2014 serta 2019 adalah bukti lain kepiawaian Megawati Soekarnoputri dalam meramu stategi politik menghadapi pemilu dan pilpres.

Maka tak heran, jika seluruh kader dan simpatisan partai berlambang kepala banteng ini, tak ragu dan bulat satu suara untuk memberikan hak prerogatif pemilihan capres cawapres 2024 kepada Megawati Soekarnoputri.

Meskipun terlihat jarang melakukan manuver -manuver politik seperti halnya yang dilakukan oleh ketua umum partai-partai yang lain dalam menghadapi dinamika politik menjelang pemilu dan pilpres 2024, politisi perempuan yang mempunyai nama lengkap Hj. Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri ini telah terbukti selalu berhasil membuat keputusan politik yang jitu, terukur, akurat dan penuh perhitungan dengan memperhatikan timing yang tepat untuk PDI-P dalam menghadapi setiap hajatan pemilu dan pilpres.

Menjadi playmaker kandidasi capres 2024

Meskipun belum mengumumkan secara resmi kandidat bakal calon presiden dan wakil presiden yang bakal diusung oleh PDI-P dipilpres 2024 mendatang, namun keputusan Megawati soal siapa sosok capres dan cawapres yang bakal ditetapkan untuk diusung oleh PDI-P pada pilpres 2024 terbukti sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh partai-partai politik pemilik kursi di DPR.

Hal ini cukup menandakan, bahwa sosok Megawati Soekarnoputri memang menjadi episentrum utama dalam percaturan politik pra pilpres 2024.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun