Finansial

ATM atau Debet, "E-Wallet", Tanpa Tunai

10 Agustus 2018   09:04 Diperbarui: 11 Agustus 2018   19:46 555 0 0

Seiring dengan berkembangnya telnologi yang menyangkut kebutuhan kita sehari-hari. Sebenarnya  tanpa uang tunai di dompet, kita sudah bisa melakukan aktifitas sehari-hari, dari keluar rumah untuk beraktifitas sampai kembali ke rumah pada sore atau malam hari asalkan ada kartu ATM/debet, kartu e-wallet, termasuk aplikasi  e-wallet di perangkat mobile(hp) kita . 

Untuk kartu ATM sekaligus kartu debet  hampir bisa dipastikan semua dari masyarakat pasti punya, dari berbagai Bank biasanya sudah bisa dipergunakan untuk belanja apalagi biasanya kartu ATM atau Debet ada logo berbagai  prinsipal lokal atau asing mulai dari Debet salah satu Bank terbesar, sampai logo Visa atau Mastercard.  

Untuk kartu e-wallet, seperti flash, e-money, biasanya untuk belanja atau bayar-bayar sehari-hari dari toll, transportasi (busway, dan commutterline kalau di Jakarta), dan untuk aplikasi e-wallet di hp kita biasanya didownload kalau kita memakai transportasi online seperti Gojek dan Grab yang di dalamnya sudah ada aplikasi e-wallet, seperti Gopay, dan Ovo (grab), dan satu lagi aplikasi e-wallet dari operator telekomunikasi seperti T-cash.

Nah, kalau kita sudah punya itu semua, sebenarnya untuk aktifitas sehari-hari tanpa uang tunai di dompet pun sebenarnya sudah bisa, asalkan semua dana kita sudah kita simpan di masing-masing kartu atm/debet,  e-wallet(kartu maupun aplikasi). 

Contohnya mau berangkat kerja/kantor, pesan transportasi online bayar pakai aplikasi di hp, mau naik commuterline/busway, tinggal tap kartu e-wallet kita, mau makan siang, di beberapa warung makan sudah bisa pakai e-wallet di aplikasi hp, seperti gopay, ovo, tcash (kalau Ovo, tcash  setau saya sampai saat ini baru restoran belum sampai warung makan), pulang kerja pakai kartu e-wallet lagi dan aplikasi transportasi online serta aplikasi e-wallet. 

Hanya saja mungkin faktor kebiasaan kita harus bawa uang tunai di dompet kita sehari-hari, itu yg belum bisa kita hilangkan, dan mengatur dana di berbagai metode cashless tersebut, di kartu ATM/Debet, kartu e-wallet, aplikasi e-wallet.

 Oh ya, sebenarnya untuk aplikasi e-wallet juga bisa transfer dari dan  ke rekening Bank juga, jadi kalau merasa lebih/kurang di aplikasi e-wallet, bisa ditransfer juga.

Jadi siapkah kita beraktifitas sehari-hari tanpa uang tunai di dompet ?