Mohon tunggu...
sochib nadzarudin
sochib nadzarudin Mohon Tunggu... MAHASISWA

seorang mahasiswa UAD

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Menjaga Kesehatan dengan Aktivitas Olahraga Bersepeda

16 April 2021   14:50 Diperbarui: 16 April 2021   15:03 277 1 0 Mohon Tunggu...

Sepeda adalah kendaraan roda dua atau tiga yang mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakan pada kaki untuk dapat menjalankannya. Nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Prancis. Negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede.

Dahulu alat transportasi sepeda pastinya sangat primitive, yang mana tidak mengenal besi sehingga sepeda saat itu belum terlihat sempurna. Dan pada saat itu juga belum mengerti bagaimana cara untuk menjalankannya.

Setiap tanggal 3 Juni ditetapkan sebagai hari untuk memperingati sepeda sedunia atau Word Bicycle Day pada tahun 2018, dalam Majelis Umum PBB yang ke-72 New York, Amerika Serikat. Yang pada saat ini bersepeda lebih dikenal sebagai yang sudah sebagai gaya hidup sehat bagi masyarakat di Indonesia, termasuk dikota Klaten, Jawa Tengah.

Roi Candra, 39 tahun merupakan warga yang tinggal di salah satu desa  Klaten. Merupakan salah satu orang yang gemar melakukan olahraga bersepeda. Sudah sejak tahun 2017 beliau sudah melakukan aktivitas bersepeda sampai saat ini,11 April 2021.

Hidup dengan istri dan ketiga anaknya, Roi Candra sebagai kepala keluarga selain bekerja mencari rezeki untuk menafkahi keluarganya, dia tidak lupa untuk menyempatkan diri nya untuk melakukan aktivitas olahraga.

S G S merupakan grup bersepeda yang terbentuk pada akhir tahun 2019 lalu. Roi Candra beserta teman-temannyalah yang sudah membuat grup dan membangunnya sampai saat ini. Namun aktivitas ini tidak dilakukan pada setiap hari.

``Setiap hari minggu grup S G S melakukan olahraga bersepeda, kami berangkat saat pukul 05:00 pagi dan pulang kembali ke rumah itu tidak tentu saat melakukan bersepeda, tergantung rute jalur dan tujuan yang akan ditempuh,`` ujar Roi Candra penggemar sepeda dari Klaten.

Hari weekend sangat cocok untuk melakukan aktivitas bersepeda, hal itu dikarenakan hari itu adalah hari libur bagi para pekerja. Bersepeda pada pagi hari adalah salah satu olahraga yang bermanfaat bagi tubuh, karena sinar matahari di pagi hari dapat sehat kan tubuh dan memberi efek yang baik bagi tubuh.

Tujuan bersepeda bukan hanya untuk gaya hidup sehat saja, namun juga dapat menambah pertemanan bagi para persepeda. Karena setiap kali berpapasan, para persepeda selalu saling menyapa satu sama lainnya. Bersepeda juga sebagai tujuan untuk melakukan rekreasi dan refreshing untuk mendinginkan otak yang lelah dalam bekerja.

``Saat grup S G S melakukan bersepeda, rute yang paling jauh adalah menuju Kabupaten Karang Anyar dan rute terdekat adalah Kabupaten Boyolali.`` ujar Roi Candra penggemar olahraga sepeda dari Klaten.

 Sebelum melakukan bersepeda kondisi tubuh yang fit sangat penting agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Cek sepeda terlebih dahulu merupakan hal yang sangat penting sebelum melakukan  bersepeda, hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan dalam bersepeda. Air minum pun sangat dibutuhkan dalam melakukan aktivitas bersepeda, karena dapat mengurangi rasa dehidrasi yang tinggi dalam bersepeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x