Mohon tunggu...
Siti Nurjanah
Siti Nurjanah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Newbie Writer

Pencinta buku dan perjalanan yang sedang belajar menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pesona Penangkaran Rusa Cariu Bogor, Alternatif Wisata Alam untuk Keluarga

2 Agustus 2022   12:10 Diperbarui: 2 Agustus 2022   12:18 317 19 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penangkaran Rusa Cariu (Dokpri)

Sebagai seorang karyawan perusahan waktu libur sabtu minggu adalah waktu yang tepat untuk berlibur. Setelah mencari informasi wisata di daerah bogor yang deket dengan tempat tinggal saya di Kab. Bekasi, akhirnya pilihan saya jatuh pada Penangkaran Rusa Cariu. Sabtu pagi saya berangkat menggunakan sepeda motor bersama teman menuju tempat Penangkaran Rusa. Jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya hanya membutuhkan waktu 1 – 1,5 jam tergantung kecepatan berkendara. Namun jalan yang kita lalui ternyata tidak semua bagus. Ada beberapa jalanan yang kondisinya rusah dan berlubang. Belum lagi banyak truk-truk besar pengangkut pasir yang lewat membuat jalanan semakin berdebu. Kita harus berhati-hati dan fokus saat berkendara.

Tempat wisata ini mudah dijangkau karena letaknya berada tepat di pinggir jalan raya Jonggol-Cianjur. Di pinggir jalan terdapat plang penanda menuju Penangkaran Rusa sehingga memudahkan pengunjung. Setelah itu kita harus masuk lagi menuju parkiran dengan kondisi jalan yang sedikit berbatu. Setelah sampai kita akan membayar tiket masuk kawasan sebesar Rp 5.000 dan tiket masuk Penangkaran Rusa Rp 10.000. Jika akan memberi makan Rusa kita bisa membeli wortel dengan harga Rp 5.000. Sebelum sampai ketempat Penangkaran Rusa kita akan melewati jembatan bambu yang cukup panjang dan di bawahnya ada sungai yang mengalir. Meski terbuat dari bambu jembatan ini sangat aman untuk digunakan.

Jembatan Bambu (Dokpri)
Jembatan Bambu (Dokpri)

Dari jembatan mambu kita masih harus berjalan sedikit menanjak selama 15 menit. Baru lah kita sampai pada tempat penangkaranya. Sepanjang perjalanan menuju penangkaran juga terdapat beberapa warung untuk mengisi perut yang lapar atau sekedar beristirahat melepas lelah sambil menikmati sungai yang berada tepat di depan warung.

Penangkaran Rusa Cariu ini merupakan lokasi pembiakan rusa yang berada di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor. Objek wisata ini juga terkenal sebagai Taman Rusa Tanjungsari dan Taman Rusa Giri Jaya. Penangkaran Rusa ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1993 sebagai  kawasan konservasi dan penelitian di bawah pengelolaan Perum Perhutani.

Objek wisata ini buka sejak tahun 2003. Berdiri di lahan seluas 8,4 hektar, penangkaran rusa ini menampung berbagai jenis rusa. Di samping sebagai lahan konservasi, taman rekreasi ini juga berkembang menjadi kawasan wisata yang menawarkan beragam aktivitas rekreasi di alam terbuka yang cocok untuk keluarga.

Memberi makan rusa (Dokpri)
Memberi makan rusa (Dokpri)

Rusa-Rusa di sini cukup jinak dan bersahabat dengan pengunjung. Kita bisa memberi makan wortel dan berfoto bersama rusa. Pengunjung dapat menikmati alam yang masih sejuk sembari dikelilingi kawanan Rusa di padang rumput yang hijau. Lokasinya yang cukup luas dengan pemandangan alam yang indah membuat Penangkaran Rusa ini cocok dijadikan sebagai wisata alternatif keluarga.

Jika teman-teman datang dari arah Jakarta menggunakan mobil, kalian bisa melewati tol Cibubur-Mekarsari dan dilanjutkan dengan Jonggol-Tamansari, barulah bisa tiba di Penangkaran Rusa Cariu. Cobain yuk Bermain bersama Rusa di Penangkaran Rusa Cariu Bogor.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan