Mohon tunggu...
Siti Nurjanah
Siti Nurjanah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Newbie Writer

Pencinta buku dan perjalanan yang sedang belajar menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Serunya Snorkling di Pulau Lengkuas, Belitung

21 Juli 2022   11:45 Diperbarui: 21 Juli 2022   11:47 660
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pulau Lengkuas, Belitung (dokpri)

Pada akhir bulan juni kemaren saya akhirnya bisa berkunjung ke Belitung. Belitung merupakan destinasi impian yang sudah lama ingin saya kunjungi. Terkenal dengan pulau-pulaunya yang sangat Indah, membuat saya tidak sabar ingin segera menjelajahinya. Pada hari ke2 di Belitung tepatnya hari sabtu tanggal 25 Juni saya dan rombongan berangkat dari penginapan menuju Dermaga Tanjung Kelayang pukul 08.00. Jarak dari penginapan menuju dermaga tidak terlalu jauh hanya butuh waktu 20-30 menit. Setelah sampai di Dermaga saya dan rombongan naik kapal motor yang sudah di pesan sebelumnya oleh ketua rombongan. Biaya untuk menyewa kapal berkisar 500ribuan.

Kapal motor (dokpri)
Kapal motor (dokpri)

Berkunjung ke Belitung tidak lengkap rasanya jika tidak mengintip keindahan bawah lautnya dengan snorkling. Nah, salah satu spot terbaik untuk snorkeling adalah Pulau Lengkuas. Nama Lengkuas ini diambil dari kata Light House yang merupakan mercusuar yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1882. Namun, orang lokal yang kala itu sulit mengucapkan kata Light House akhirnya menjadi Lengkuas.

Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pelabuhan Tanjung Kelayang. Sesampainya di Pulau Lengkuas, saya dan rombongan diajak ke spot snorkeling yang berjarak kurang lebih 10 meter dari mercusuar. Ini adalah pengalaman snorkeling pertama untuk saya. Maklum biasanya Cuma main di Gunung haha. Saya sengaja menyewa alat snorkling dan menggunakan pelampung agar lebih nyaman saat menyelam. Biaya sewa nya 20 ribu untuk alat snorkeling maupun kaki katak.

Tempat snorkling di Pulau Lengkuas (dokpri)
Tempat snorkling di Pulau Lengkuas (dokpri)

"Byuur" satu persatu teman-teman saya yang sudah siap dengan alat snorkeling mulai turun dari kapal untuk menikmati keindahan bawah laut. Saya sengaja turun terakhir karena ingin melihat cara snorkeling yang baik dari teman-teman yang sudah pernah snorkeling. Saat pertama kali menyelam saya melihat pemandangan di bawah sangat indah, banyak ikan-ikan kecil terlihat dekat di depan mata. Pemandangan semakin menarik, karena banyaknya terumbu karang warna-warni yang terlihat jelas karena kondisi air yang jernih dan bersih.

Jika kalian ada kesempatan berkunjung ke Belitung, jangan lupa untuk snokrling di Pulau Lengkuas ya pemandangan bawah laut yang Indah akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Salam,

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun