Mohon tunggu...
SNS
SNS Mohon Tunggu... Menulis dan membaca

Saya suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Varian Baru Muncul: Tidak Cukup 3T

18 Juni 2021   00:36 Diperbarui: 18 Juni 2021   00:41 18 2 0 Mohon Tunggu...

VARIAN BARU MUNCUL KEMBALI: TIDAK CUKUP 3T

Belum selesai satu varian di basmi, sudah muncul kembali varian baru yang lebih ganas. Katanya virus ini sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia. Bagaimana bisa, virus mungil itu terlalu cepat bermutasi dalam waktu singkat. Cukupkah penangganan hanya mengandalkan 3T?

Edukasi mengenai protokol kesehatan memang sudah menjadi keseharian bagi kita. Bukan hal asing lagi jika kita harus mematuhi tentang budaya mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Namun rumus ini masih kurang lengkap jika tidak di tambah dengan rumus baru 3M + 3T = anti covid. Namun apakah rumusan ini benar-benar bisa menjadi solusi?

Lonjakan kasus covid di berbagai daerah menegaskan gagalnya kebijakan pemerintah dalam penangganan wabah. Kewajiban negara membuat kebijakan yang berfokus menghentikan wabah dan memberi jaminan pemenuhan kebutuhan rakyat, bukan mengedepankan kelangsungan bisnis kapitalis.

Kebijakan global terkait penangganan pandemic, selama masih dalam bingkai sistem kapitalisme maka akan menjadi hal yang mustahil untuk bisa keluar dari kondisi ini. Hanya dengan sistem yang berasal kepada penciptalah yang mampu mengatasi semua hal ini. Wallahu alam.

VIDEO PILIHAN