Mohon tunggu...
SNS
SNS Mohon Tunggu... Menulis dan membaca

Saya suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Kapitalisme dan Kelemahan Pelayan Haji Tanah Suci

17 Juni 2021   05:16 Diperbarui: 17 Juni 2021   05:23 71 1 0 Mohon Tunggu...

KAPITALISME dan KELEMAHAN PELAYAN HAJI TANAH SUCI

Sangat di sayangkan, bukan kali pertama hal ini terjadi. Pembatalan haji tahun 2021 merupakan duka bagi umat islam yang rindu menunaikan kewajiban rukun islam yang ke lima.

Dengan alasan wabah pandemi yang belum kunjung usai, maka pemerintah arab saudi membatasi kouta jamaah hati hanya 60 ribu orang saja. Sekaligus menolak negara lain untuk bisa mengirimkan kouta masuk ke negaranya.

Sejatinya umat islam khususnya di Indonesia. Dengan mayoritas muslim terbesar dunia, kebanyakan jamaah haji adalah usia sepuh yang mengumpulkan sedikit demi sedikit rejekinya selama puluhan tahun untuk bisa melaksanakan ibadsh haji. Seolah berburu waktu, para jamaah sepuh ini tentu sangat ingin bisa melaksanakan kewajiban haji di penghujung usia senja mereka. Namun sangat di sayangkan, kerugian umat akibat tiadanya negara rain khilafah, syiar islam dan kewajiban muslim (baca: haji) tidak bisa di tunaikan karena kesalahan penangganan global terhadap pandemic. Hal ini terjadi karena kelemahan pemerintah Arab Saudi akibat paradigma kapitalisme yang digunakan dalam menanggani wabah. Akankah tahun depan nasib jamaah haji akan kembali terulang?

VIDEO PILIHAN