Mohon tunggu...
SNS
SNS Mohon Tunggu... Menulis dan membaca

Saya suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Diary

My Adventure of My Hawariyyun

28 Februari 2021   14:02 Diperbarui: 28 Februari 2021   14:17 46 0 0 Mohon Tunggu...

Minggu ke 37 fase kehamilanku. Banyak hal baru yang baru bisa aku dapati ilmunya. Salah satunya mengenai ilmu melahirkan. Dulu awal-awal hamil paling alergi sama yang namanya hp. Setiap kali megang hp perut menjadi mual bergelombang, seperti ada gelombang kecil berputar di area perut yang ingin di tumpahkan. Sejak usia kehamilan 7 bulan baru fase itu berakhir dan ternyata kita terlilit kewajiban mengikuti zoom online yang kerap hampir setiap minggu. Satu kali zoom saja menghabiskan waktu 2 jam dan itu menguras sekali energi. Sehingga kadang kita sudah tidak fokus lagi untuk menambah wawasan proses persalinan.

Knowledge is power

Kata bidan Yessie, kita butuh yang namanya pengetahuan. Kita sendirilah aktor utamanya. Keberhasilan terjadi karena 3 faktor yaitu kuasai pikiranmu, kuasai nafasmu dan kuasai ....kok aku bisa lupa ya. Ntar aku cek dulu point terakhirnya. Hehe...

Udah mulai gagal fokus ini karena pengen pulang ke rumah. Oh iya, barusan inget, kuasai tubuhmu. Dengan melakukan hal tersebut maka ketenangan yang kita ciptakan pada diri kita akan membuat persalinan normal, lancar, dan tanpa robekan dan jahitan. Aamiin.

Mengajak si bayi berbicara dengan mengusap-ngusap perut. Juga melakukan affirmasi positif setiap hari. Alhamdulillah, Hawariyyun panggilan kesayang bagi si baby, sejak usg bulan ke 6 dia sudah open posisi kepala di bawah. Yang lebih membahagiakan adalah pada usg bulan ke 8, si bayi sudah posisi tengkurang dengan kepala di bawah. Posisi paling ideal yang katanya bayi keluar tanpa harus mengejan ibunya, bayinya sehat selamat sempurna dan proses persalinan normal ibunya bisa tanpa robekan. Aamiin, semoga.

Persiapan menjelang lahiran ke klinik

Dengan menyusun semua perlengkapan ibu dan bayi, sebanyak 3 tas kecil, masinh-masing satu tas kecil perlengkapan popok dan alat mandi, satu tas buat baju si bayi, dan satu tas buat perlengkapan sang ibu. Jadi tinggal angkat barang aja lagi menuju klinik. Semoga nanti bisa mencapai bukaan minimal 7 atau 10 dan prosesnya mudah, nyaman, dan santai.

Doa-doa penenang selama kehamilan

Hal ini sangat penting sekali. Apalagi doa itu datang dari berbagai arah. Terutama dari orang-orang terdekat dan tercinta. Selain menimbulkan rasa tenang dan nyaman, ucapan positif mereka juga merupakan penguat tubuh bagi wanita hamil sepertiku. Tapi kita memang tidak bisa mengharapkan 100 persen lingkungan yang positif, tapi kontrol pikiran kita yang positif akan membuat hati kita tetap stabil. Karena jika hal negatif mewarnai pikiran maka akan berpengaruh pada kesehatan tubuh sang ibu dan janin. Jadi stabilitas selama kehamilan itu sangat penting dan utama.

Next di episode berikutnya ya.

VIDEO PILIHAN