Mohon tunggu...
Smesta Rindu
Smesta Rindu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Program Upaya Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan

28 Juli 2021   19:11 Diperbarui: 28 Juli 2021   19:13 50 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Program Upaya Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejak Maret tahun 2020 lalu, Indonesia digemparkan dengan menyebarnya Coronavirus Disease 2019 atau disebut juga Covid-19 yang berasal dari Kota Wuhan di Cina. Virus yang pertama kali ditemukan pada tahun 2019 ini telah banyak memberikan dampak negatif terhadap berbagai sektor di Indonesia tak terkecuali pada sektor pendidikan. Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengatakan bahwa keselamatan dan kesehatan para insan pendidikan merupakan prioritas utama pemerintah. Maka dari itu, pemerintah melakukan segala upaya untuk menyusun strategi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya yaitu dengan mengeluarkan berbagai Surat Edaran oleh Kemendikbud yang mengatur proses pembelajaran dari rumah secara daring.

Sejak saat itu, pembelajaran pun dilakukan secara daring demi mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan. Demi menyukseskan program ini, para pendidik diharuskan menyiapkan dan menyampaikan materi secara daring contohnya melewati aplikasi whatsapp, zoom, google classroom, dan aplikasi lainnya. Selain itu, terdapat juga materi pembelajaran yang dapat diakses dengan mudah melalui internet seperti video pembelajaran yang terdapat di youtube atau dengan mengikuti video pembelajaran yang ditayangkan di salah satu saluran TV Indonesia setiap pagi. Namun, sampai saat ini masih banyak pendidik dan peserta didik yang mengalami berbagai kendala dalam menjalani kegiatan pembelajaran daring ini.

Selain pemerintah, Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI juga turut andil dalam upaya penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan yaitu dengan melakukan kegiatan KKN Tematik MDBPE – MBKM pada tahun 2021 ini. Kegiatan KKN ini memiliki tema salah satunya yaitu Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan yang isi kegiatannya berupa membantu tenaga pengajar, siswa, dan orangtua siswa selama proses pembelajaran daring ini. Mahasiswa yang mengikuti KKN dan memilih tema KKN ini memiliki tugas untuk membantu melancarkan terjadinya proses pembelajaran daring di sekolah yang dituju. Selain itu, mahasiswa juga dapat memberikan edukasi terhadap penanggulangan Covid-19 kepada siswa, membantu memberikan tips-tips belajar daring kepada siswa, serta memberikan arahan kepada orangtua tentang peran mereka dalam membantu siswa melakukan belajar daring.

Dengan melihat kegiatan-kegiatan yang dapat membantu proses pembelajaran daring ini, kegiatan KKN ini diharapkan dapat memberikan dampak positif serta dapat membantu menanggulangi dampak Covid-19 yang terjadi di bidang pendidikan. Namun, tentu saja, untuk menyukseskan kegiatan ini, diperlukan juga kerjasama yang baik dan partisipasi yang aktif dari seluruh pihak yang terlibat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN