Mohon tunggu...
Sity Mahessa Candra Cantika
Sity Mahessa Candra Cantika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Creative

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Efektivitas Permainan Lempar Tangkap Bola sebagai Metode Belajar sambil Bermain di PAUD Oryza Sativa 4, Desa Cibiru Wetan

10 Agustus 2022   12:37 Diperbarui: 10 Agustus 2022   13:06 107 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan belajar sambil bermain lempar tangkap bola. Dokpri

Metode pembelajaran merupakan satu hal yang perlu untuk dirancang dengan matang oleh para pengajar, yang bertujuan untuk mengetahui berbagai potensi yang dimiliki dari para peserta didik. Dengan adanya metode pembelajaran, pengajar dapat mengetahui langkah yang harus dilakukan guna mengembangkan minat dan bakat para siswa. Bagi anak usia dini, metode pembelajaran yang baik itu sangat penting, karena di umur 0-6 tahun anak usia dini sedang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan sehingga memiliki potensi yang dapat dikembangkan, salah satu metode yang dapat diterapkan yaitu melalui metode belajar sambil bermain.

Namun, untuk menerapkan metode belajar sambil bermain dibutuhkan pula media pembelajaran. Tidak perlu berbentuk barang tetapi, metode ini juga dapat dilakukan dengan berbagai jenis permainan yang harus dikuasai oleh pengajar untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Di PAUD Oryza Sativa 4 yang berada di Desa Cibiru Wetan, kami Mahasiswa dan Mahasiswi KKN Tematik UPI 2022 dari kelompok 99 menerapkan metode belajar sambil bermain salah satunya adalah permainan lempar tangkap bola. Permainan ini tentunya memiliki banyak manfaat diantaranya melatih kekuatan otot tangan dan kaki, melatih konsentrasi anak, melatih perkembangan emosional siswa, melatih sportifitas dan kerja sama antar siswa.

Pada akhir kegiatan kami mewawancarai Kepala Sekolah PAUD Oryza Sativa 4 yaitu Ibu Sri, beliau mengatakan "Dengan kehadiran adik-adik dari UPI ini, kami bisa saling bertukar dan berbagi ilmu. Lalu anak-anak pun bisa mengikuti apa yang adik-adik sarankan untuk anak-anak di PAUD Oryza Sativa 4". Beliau juga memberikan satu kalimat yang harus diingat untuk kami sebagai calon guru nantinya "Sebagai pengajar kita harus lebih sabar dalam mendidik, harus bisa memahami bagaimana kondisi anak-anak dan mengajar dengan cara yang lembut" ujar beliau.

Wawancara bersama Kepala Sekolah Oryza Sativa 4. Dokpri
Wawancara bersama Kepala Sekolah Oryza Sativa 4. Dokpri

Penerapan metode belajar sambil bermain tentu sangat bermanfaat dan efektif bagi pembelajaran khususnya untuk anak usia dini. Sebagai pengajar kita harus menguasai metode tersebut sehingga siswa tidak hanya larut dalam permainan, tetapi mereka juga dapat belajar dan meningkatkan minat bakat yang dimiliki. 

Dokumentasi bersama pengajar di PAUD Oryza Sativa 4. Dokpri
Dokumentasi bersama pengajar di PAUD Oryza Sativa 4. Dokpri

Dokumentasi bersama anggota kelompok KKN UPI 99. Dokpri
Dokumentasi bersama anggota kelompok KKN UPI 99. Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan