Mohon tunggu...
Smartfm Banjarmasin
Smartfm Banjarmasin Mohon Tunggu...

101.1 FM -The Spirit of Indonesia Check these out : Facebook : Smartfm Banjarmasin Twitter : @SmartFM_Bjm Youtube : Smartfm Banjarmasin Link Youtube goo.gl/bXtwuV

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tepat 24 Jam, Posko Peduli Bencana Alam Palu dan Donggala Lanal Banjarmasin Dibanjiri Bantuan

4 Oktober 2018   18:05 Diperbarui: 4 Oktober 2018   19:25 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tepat 24 Jam, Posko Peduli Bencana Alam Palu dan Donggala Lanal Banjarmasin Dibanjiri Bantuan
Personel Lanal Banjarmasin layani penyaluran bantuan untuk Palu dan Donggala di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Pasca dibuka pada 3 Oktober 2018, Posko Peduli Bencana Alam Palu dan Donggala Lanal Banjarmasin di Pelabuhan Trisakti resmi ditutup sejak pukul 12 siang tadi, seiring dengan jumlah bantuan pangan dan sandang yang hampir melebihi kapasitas. Di mana hingga pukul 13.38 WITA tadi, sudah ada ribuan dus bahan pangan dan sandang yang dihimpun oleh personel di posko.

Dijelaskan Didi dari Tim Posko, posko yang dibuka selama 24 jam itu sudah menerima banyak sumbangan, baik dari masyarakat maupun instansi pemerintahan dan TNI/Polri. Di antaranya 490 dus air mineral dalam botol, 369 dus pakaian, 259 karung beras dan 51 lembar terpal. 

Bantuan tersebut rencananya akan langsung dibawa ke lokasi bencana menggunakan KRI Surabaya 591, yang sudah bersandar di Pelabuhan Trisakti sejak siang tadi. Kendati bantuan terus berdatangan.

Namun pihaknya terpaksa tidak dapat menerima dan menyalurkan, mengingat kapasitas KRI Surabaya yang sudah mencukupi untuk menghindari kelebihan muatan. "Mungkin nanti kalau ada alat angkut lain yang bersandar, kita dapat buka kesempatan untuk penyaluran bantuan," ungkapnya kepada Smart FM Banjarmasin.

KRI Surabaya 591 bersandar di Dermaga 100 Pelabuhan Trisakti Banjarmasin untuk angkut bantuan dan personel TNI
KRI Surabaya 591 bersandar di Dermaga 100 Pelabuhan Trisakti Banjarmasin untuk angkut bantuan dan personel TNI
Sementara itu, Komandan KRI Surabaya 591 - Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat menuturkan, instruksi awal yang diberikan oleh pimpinan untuk mengangkut personel Den Zipur 8 Gawi Manuntung - Banjarbaru dan Yon Zipur 17 Ananta Dharma - Balikpapan untuk membantu proses evakuasi korban di lokasi bencana. 

Namun melihat antusiasme masyarakat Kalimantan Selatan yang ingin menyalurkan bantuan, jajarannya siap mengangkut dan mengakomodir uluran tangan para donatur. 

Kapal perang Republik Indonesia itu akan berangkat besok pagi, segera setelah gelaran upacara HUT TNI ke-73 di kawasan Pelabuhan Trisakti selesai dan akan singgah terlebih dahulu di Balikpapan guna mengangkut personel dan alat berat dari Yon Zipur setempat. "Di sana kami juga akan mengangkut bantuan dari masyarakat, yang juga sangat besar antusiasmenya untuk turut membantu para korban," jelas Heru.

Proses angkut bantuan juga dibantu pihak Basarnas Banjarmasin dan relawan lainnya
Proses angkut bantuan juga dibantu pihak Basarnas Banjarmasin dan relawan lainnya
Hingga tadi siang, personel TNI Angkatan Laut dari Lanal Banjarmasin dibantu personel Basarnas dan pihak pelabuhan, mengangkut bantuan para donatur dari posko ke KRI Surabaya 591. Selain masyarakat dan komunitas, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan juga menyerahkan bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Di antaranya Gubernur - Sahbirin Noor melalui Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi - Raudhatul Jannah dan Dinas Sosial Provinsi.(Ev)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x