Mohon tunggu...
Smartfm Banjarmasin
Smartfm Banjarmasin Mohon Tunggu... A Part Of Magentic Network, Kompas Gramedia
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

101.1 FM -The Spirit of Indonesia Check these out : Facebook : Smartfm Banjarmasin Twitter : @SmartFM_Bjm Instagram : Smartfm Banjarmasin Youtube : Smartfm Banjarmasin

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cegah Corona Meluas, Pasar di Banjarmasin Disemprot Disinfektan

29 Maret 2020   08:23 Diperbarui: 29 Maret 2020   08:16 61 1 0 Mohon Tunggu...

Penyemprotan disinfektan di sejumlah pasar tradisional milik Pemerintah Kota Banjarmasin beberapa hari terakhir, diharapkan dapat membantu menekan penyebaran virus Corona di fasilitas umum. Mengingat pasar merupakan tempat berkumpulnya masyarakat dan tergolong rawan menjadi sarana perpindahan virus.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengungkapkan bahwa saat ini sejumlah pasar tradisional milik pemerintah sudah dilakukan penyemprotan. Seperti Pasar Sentra Antasari, Pasar Sudimampir Baru, Pasar Baru dan Pasar Cempaka, yang dikenal sebagai pasar besar dari segi aktivitas jual belinya.

Mekanisme penyemprotan menurutnya berbeda sesuai jenis pasar. Misalnya untuk pasar tradisional yang menjual barang kebutuhan pokok akan dilakukan pada siang atau sore hari, yakni menunggu aktivitas jual beli berakhir. Sedangkan untuk pasar yang menjual pakaian atau barang lainnya tidak perlu tutup karena penyemprotan masih dapat dilakukan.

"Kalau untuk pasar yang menjual kebutuhan pokok tentu harus tutup (selama penyemprotan)," jelasnya. Namun Ia menegaskan bahwa pasar hanya ditutup sementara proses penyemprotan dan akan buka lagi setelah selesai.

Ia juga mengingatkan kepada para pedagang untuk menjaga kebersihan lapak jualannya, agar tetap higienis dan menekan penyebaran penyakit apapun, terutama virus Corona yang saat ini sedang mewabah secara global. Masyarakat pun diingatkan untuk selalu membersihkan diri setelah dari pasar. Seperti dengan mencuri tangan pakai sabun dan menghindari kontak fisik terlalu dekat dengan orang lain. (eva)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x