Mohon tunggu...
Smartfm Banjarmasin
Smartfm Banjarmasin Mohon Tunggu... Jurnalis - A Part Of Magentic Network, Kompas Gramedia
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

101.1 FM -The Spirit of Indonesia Check these out : Facebook : Smartfm Banjarmasin Twitter : @SmartFM_Bjm Instagram : Smartfm Banjarmasin Youtube : Smartfm Banjarmasin

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

22 Ribu Lebih E-KTP Invalid Dibakar

18 Desember 2018   10:42 Diperbarui: 18 Desember 2018   10:53 160 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
22 Ribu Lebih E-KTP Invalid Dibakar
Pemusnahan E-KTP dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin - Hermansyah

Lebih dari 22 ribu keping E-KTP rusak dan invalid dimusnahkan dengan cara dibakar oleh Pemerintah Kota Banjarmasin, usai menggelar apel pagi tadi (18/12) di halaman Balaikota. E-KTP dimusnahkan karena sudah invalid dan rusak, yang terkumpul sejak 2012 lalu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil - Disdukcapil Banjarmasin - Khairul Saleh mengatakan, E-KTP yang dimusnahkan merupakan hasil kumpulan dari 5 kecamatan, diantaranya sebanyak 2.680 dari Kecamatan Banjarmasin Timur dan 6.418 dari Kecamatan Banjarmasim Utara. Awalnya Kemendagri RI meminta agar E-KTP yang rusak dan invalid dilaporkan setiap periode. 

Kemudian terbit peraturan baru untuk dilakukan pemotongan, hingga akhirnya Menteri Dalam Negeri - Tjahyo Kumolo meminta untuk dimusnahkan dengan cara dibakar. "Sehingga kedepannya, setiap ada E-KTP yang rusak dan Invalid akan langsung dibakar oleh Disdukcapil," ucap Khairul. Untuk itu Ia meminta kepada masyarakat segera melapor, jika terdapat data ganda terhadap data kependudukannya.

Pemusnahan E-KTP dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin - Hermansyah, yang didampingi oleh sejumlah pimpinan SOPD. Pemusnahan ini diharapkan dapat menghindari adanya penyalahgunaan kartu identitas, terutama tindak kriminal yang memanfaatkan E-KTP. (Ju)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN