Mohon tunggu...
Slamet Samsoerizal
Slamet Samsoerizal Mohon Tunggu... Penulis - Fiksi dan Nonfiksi

Penggagas SEGI (SElalu berbaGI) melalui tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Literasi Numerasi Menuju AKM

12 September 2022   07:47 Diperbarui: 12 September 2022   08:10 307 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Budaya membaca di kalangan peserta didik memrihatinkan. Membaca belum merupakan kebutuhan bagi peserta didik. Pemerintah melalui Kemendikbudristek pun gencar melakukan upaya melalui Gerakan Literasi Nasional.

Literasi merupakan keterampilan seseorang membaca, menulis, berbicara, mengitung, dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum literasi diartikan sebagai keterampilan seseorang menerima, mengolah, dan menyampaikan informasi kembali yang diterimanya.

Dokpri
Dokpri

"Dalam kaitan dalam pembelajaran, Literasi dan Numerasi akan menjadi komponen utama dalam Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM. AKM ini merupakan pengganti Ujian Nasional" papar praktisi Literasi Dewi Kurniawati Sumarni, S.Pd.

AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum merupakan kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. AKM mencakup  Literasi membaca dan Numerasi.

AKM adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang kini diusung oleh Kemendikbudristek. Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Percakapan Purba

AKM sebagai evaluasi terkait mutu pendidikan. AKM adalah sistem yang digunakan untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Dalam bidang pendidikan, AKM adalah inovasi terbaru terkait penjamin mutu pendidikan. AKM adalah sistem yang dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar.

Sebagai guru, pemahaman tentang AKM merupakan hal yang urgen dan mendesak. Bagi siswa, AKM adalah penilaian yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan