Mohon tunggu...
Slamet Julianto
Slamet Julianto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi olahraga dan main game

Selanjutnya

Tutup

Balap

Keuntungan dan Kemeriahan Moto GP Digelar di Sirkuit Mandalika

1 Juli 2022   19:09 Diperbarui: 1 Juli 2022   19:13 96 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada bulan Maret 2022 Moto GP digelar di sirkuit Mandalika yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Digelarnya Moto GP di Mandalika tentu membawa keuntungan bagi Indonesia khususnya kepada warga sekitar sirukuit Mandalika. 

Karena sebelum digelarnya Moto GP para pembalap menikmati terlebih dahulu suasana Lombok yang sudah terkenal bagi rakyat Indonesia tentunya hal ini membawa hal positif untuk warga sekitar contohnya seperti pembalap dari Yamaha, Fabio Quartararo yang memborong gelang saat datang di Lombok hal ini tentu  menguntungkan bagi penjual gelang tersebut.

Keuntungan lainnya yaitu pembalap-pemabalap Moto GP memberi tanggapan yang positif kepada warga Indonesia seperti juara 1 Moto GP Mandalika, yaitu Miguel Oliviera yang mempersembahkan kemenangannya kepada Richman Taye salah satu staf hotel yang dimana Miguel Oliviera mengatakan bahwa selama ia tinggal di Mandalika sebelum balapan dimulai ia sangat terbantu oleh Richman Taye hal ini menunjukkan bahwa orang Indonesia memiliki sifat yang ramah yang secara tidak langsung bisa memberikan hal positif untuk Indonesia karena tentu orang-orang luar yang setelah tahu Miguel Oliviera mengatakan seperti itu tentu orang-orang luar akan sangat tertarik dan tidak akan ragu untuk berkunjung ke Indonesia yang bisa membuat Indonesia mulai melakukan pertumbuhan ekonomi kembali.

Para pembalap-pembalap juga tak luput mengupload foto dan videonya di sosial media mereka saat berada di Lombok hal ini sama saja seperti promosi gratis yang didapatkan oleh Indoneia yang bisa membuat Lombok semakin terkenal dan jika sudah terkenal pasti akan banyak orang luar yang akan mengujungi Lombok dan membawa keuntungan untuk Indonesia dan warga sekitar.

Seperti yang kita tahu sebelum jadinya sirkuit Indonesia saja warga sekitar sudah mendapatkan keuntungan karena sebagian warga sekitar mendapat pekerjaan seperti contohnya Ibu-Ibu sekitar sirkuit mereka mendapat pekerjaan untuk menanam rumput disekitar sirkuit yang dimana mereka saat diwawancarai mereka sangat senang karena mereka bisa mendapat pekerjaan di seperti keadaan saat ini.

Selain itu, tempat-tempat wisata Lombok juga tak lupa dikunjungi oleh para pembalap-pembalap Moto GP mereka mengunjungi seperti pantai yang terdapat di Lombok, mereka bukan hanya sekedar mengunjungi tetapi mereka juga membeli minuman dan makanan yang ada di sekitar pantai seperti pembalap asal tim Honda, Marc Marquez yang membeli es kelapa hal itu bisa kita lihat di akun instagramnya Marc Marquez yang sedang bersantai di pantai Lombok sambil meminum es kelapa.

Bisa kita lihat sebelum digelarnya Moto GP di Mandalika saja sudah membawa kuntungan untuk Indonesia dan warga sekitar. Apalagi saat waktunya Moto GP di sirukuit Mandalika digelar, banyak orang-orang dari luar Lombok berdatangan untuk menyaksikan balapan Moto GP tersebut sehingga membuat hotel-hotel/tempat penginapan sekitar sirkuit pun laris manis, selain hotel/tempat pegninapan para penjual makanan seperti rumah makan pun ikut merasakan keuntungan dari digelarnya Moto GP di Mandalika, salah satunya warung makan ayam Taliwang yang meraup untung 10x lipat saat digelarnya Moto GP.

Tak hanya itu, saat Moto GP Mandalika digelar banyak perusahaan dari Indonesia yang berkomitmen untuk menjadi sponsor dari balapan tersebut, tercatat ada 15 perusahaan yang berkomitmen untuk menjadi sponsor balapan tersebut, diantaranya ada PT Pertamina (Persero) untuk track naming right serta PT Telkom Indonesia, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., PT Bank Mandiri (Persero), Tbk., PT PGN Tbk. sebagai venue partner.

Selanjutnya ada PT GoTo Gojek Tokopedia, dan PT PP (Persero) sebagai main sponsor, serta Aprillia Indonesia, Astra Honda Motor, J&T Express, PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk., TDR High Performance Technology, RCB (Racing Boy) dan KYT Helmet sebagai supporting sponsor.
Dari 15 perushaan tersebut pun mereka akan mendapatkan keuntungannya masing-masing karena Moto GP adalah balapan motor kelas dunia tentu perusahaan-perusahaan tersebut akan dikenal di mata dunia khususnya di dunia balapan Moto GP.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan