Mohon tunggu...
stephanie lamentira
stephanie lamentira Mohon Tunggu... currently study at sebelas maret university

halftime baker fulltime learner

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

KKN From Home Terobosan UNS dalam Melakukan KKN Berbasis Daring dalam Masa Pandemi

22 Juli 2020   12:06 Diperbarui: 22 Juli 2020   11:54 6 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN From Home Terobosan UNS dalam Melakukan KKN Berbasis Daring dalam Masa Pandemi
Sumber Foto @kknrelawancoviduns

Sebagai pelaksanaan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yang diwujudkan salah satunya dengan pelaksanaan pengabdian masyarakat. Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan sangat berbeda tahu ini. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan agenda wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahsiswa semester akhir di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Namun, pelaksanaan KKN tahun ini jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat mewabahnya Corona Virus Disease atau yang kita kenal dengan COVID-19.

Kegiatan ini seharusnya diadakan seharusnya dengan metode terjun lamgsung ke tempat yang ditunjuk untuk dijadikan lokasi KKN tetapi kegiatan harus dilakukan dengan metode dari rumah saja sesuai dengan anjuran pemerintah yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah No 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penaganan Corona Virus Disease 2019.

Hal itu menjadikan salah satu mahasiswi UNS jurusan fakultas hukum yaitu Stephanie Lamentira (NIM: E0017450) dan dibimbing langsung oleh dosen pembimbing lapangan yaitu Raden Kunto Adi S.P.,M.P (NIP:197310172003121002) menggunakan metode KKN FROM HOME yang dilaksanakan di daerah tempatnya tinggalnya yaitu RT 02 Jatipulo, Jakarta Barat.

Wujud pelaksanaan KKN From Home yang di selenggarakan oleh UNS memiliki berbagai cabang tema yang salah satunya Supporting Pemahaman Masyarakat disekitar tempat tinggal. Program ini mengkhusukan bagaimana kita bisa mengedukasi masyarakat agar dapat melindungi diri dari penyebaran COVID-19. Program tersebut dilakukan dengan metode penyebaran lewat media sosial dan media cetak seperti poster.

Salah warga RT 02 saat dibagikan Paket Disinfectant, masker dan Brosur untuk mencegah COVID-19. Dokpri.
Salah warga RT 02 saat dibagikan Paket Disinfectant, masker dan Brosur untuk mencegah COVID-19. Dokpri.

Selain mengedukasi mengenai COVID-19 program ini juga mengedukasi mengenai pemanfaatan barang bekas untuk media tanam hidroponik yang bermanfaat untuk menjaga lingkungan dan menanam makanan sendiri sehingga tidak perlu keluar rumah agar kegiatan pembatasan sosial dapat terlaksana dengan baik.

Hidroponik menggunakan botol bekas. Dokpri.
Hidroponik menggunakan botol bekas. Dokpri.

Serta kegiatan lain yaitu membagikan Disinfectant untuk  tempat ibadah sekitar rumah agar tetap dapat berjalannya kegiatan ibadah sesuai dengan anjuran pemerintah dalam pelaksanaan PSBB. Kegiatan KKN ini mendapat feedback yang positif dari warga sekitar karena banyak warga yang senang mendapat masker  dan disinfectant gratis yang  diharap dapat mencegah penularan COVID-19 di lingkungan sekitar.

Pemberian Disinfectant kepada Masjid disekitar rumah. Dokpri.
Pemberian Disinfectant kepada Masjid disekitar rumah. Dokpri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x