Regional

Pelepasliaran Ikan dan Kerang Dilindungi oleh BKIPM Luwuk Banggai

13 Maret 2018   15:41 Diperbarui: 13 Maret 2018   18:19 212 0 0
Pelepasliaran Ikan dan Kerang Dilindungi oleh BKIPM Luwuk Banggai
dok.pribadi

WILAYAH KAB. BANGGAI SANGAT KAYA AKAN SUMBERDAYA ALAM PERIKANAN. INI TERLIHAT DENGAN MAKIN MENINGKATNYA PRODUKSI PERIKANAN DARI TAHUN KE TAHUN BAIK MELALUI KEGIATAN EKSPOR MAUPUN DOMESTIK. PENINGKATAN INI BERDAMPAK PADA SEMAKIN MENINGKATNYA EKSPLOITASI HASIL PERIKANAN DIALAM.

IKAN NAPOLEON DAN KERANG KIMA ADALAH SALAH SATU SUMBER DAYA PERIKANAN YANG ADA DIPERAIRAN KAB. BANGGAI. MELALUI KEPUTUSAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 37/KEPMEN-KP/2013 TENTANG PENETAPAN STATUS PERLINDUNGAN IKAN NAPOLEON (CHEILINUS UNDULATUS) DAN PERATURAN PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 7 TAHUN 1999 TENTANG PENGAWETAN JENIS TUMBUHAN DAN SATWA, KEDUA JENIS INI DIGOLONGKAN DALAM JENIS DENGAN STATUS PERLINDUNGAN TERBATAS DAN DILINDUNGI.

dok.pribadi
dok.pribadi

BERTEMPAT DI KAWASAN PANTAI WISATA KILO 5 KOTA LUWUK, KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN MELALUI STASIUN KARANTINA IKAN PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN LUWUK BANGGAI MELAKSANAKAN PELEPASLIARAN IKAN NAPOLEON SEBANYAK 4 EKOR DAN KIMA SEBANYAK 5 EKOR. IKAN DAN KIMA INI MERUPAKAN HASIL SITAAN KEGIATAN PENGAWASAN TERPADU YANG DILAKSANAKAN SELAMA 5 HARI BERSAMA DENGAN POS PSDKP KAB. BANGGAI, POS PANGKALAN TNI ANGKATAN LAUT DAN BEBERAPA INSTANSI TERKAIT.