Mohon tunggu...
Skillsid
Skillsid Mohon Tunggu... Workshop

Skills ID adalah sarana online bagi mereka yang ingin meningkatkan keterampilan dengan cara yang menyenangkan.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

5 Tips Menjadi Seorang Penulis

11 Juli 2019   11:19 Diperbarui: 11 Juli 2019   16:58 0 4 0 Mohon Tunggu...
5 Tips Menjadi Seorang Penulis
business-women-signature-document-1388-90-5d26b7cb097f3646ed3d0492.jpg

SKILLS.ID - Tak jarang sebuah hobi yang kita sukai bisa mendatangkan sesuatu yang istimewa, seperti pekerjaan, penghargaan, atau pengalaman yang tak terlupakan. 

Namun, tak jarang juga sesuatu yang istimewa tersebut tidak dapat disadari oleh diri kita sendiri dan menjadi penghambat untuk kita bisa mendapat hal istimewa itu. Seperti halnya, hobi menulis yang ternyata bisa mendatangkan ketiga hal tersebut secara bersamaan.

Jadi, untuk kamu yang punya hobi menulis tapi belum menyadari akan skillmu itu dan masih pasang surut ketika ingin menulis. Skills.ID akan memberikanmu 5 tips menjadi seorang penulis.

1.  Rajin Membaca Setiap Hari Walau Hanya Selembar

Untuk menjadi seorang penulis tentu kamu juga harus senang membaca karena dengan membaca, maka kamu punya bahan untuk menulis. Jika tidak, maka tulisanmu tidak akan berkembang seperti tumbuhan yang sudah layu dan tidak akan mengalir seperti air yang keruh. 

Bacalah setiap hari walau hanya selembar, entah itu sebuah artikel, cerpen, puisi, komik, novel, buku ilmu pengetahuan, dan sebagainya.

Niatkan dirimu untuk membaca karena dengan membaca 'selembar' saja itu tidak akan banyak membutuhkan waktu. Seperti kata pepatah "buku adalah jendela dunia". Maka, genggamlah dunia dengan banyak membaca!

2.  Carilah Tempat Ternyaman untuk Menulis

Terkadang niat untuk menulis sudah ada tapi ketika sudah di depan laptop niat itu seketika hilang karena tempat untuk menulis tidak membuat diri kita nyaman. Hal itu sering kali terjadi pada seorang penulis, maka pilihlah tempat ternyamanmu untuk menulis agar tulisanmu juga bisa membuat orang nyaman ketika membacanya.

Seperti misalnya, kamu tipe orang yang bisa menulis ketika berada di tempat yang sepi, maka kamar tidur atau belajar sangat cocok untuk kamu merangkai sebuah kata. 

Atau kamu tipe orang yang bisa menulis dengan suasana yang tidak terlalu sepi, maka kamu bisa pilih taman atau di rumah sambil mendengarkan lagu kesukaanmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x