Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat pendidikan nasional, sosial, dan pengamat sepak bola nasional

Bekerjalah dengan benar, bukan sekadar baik

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Semoga Timnas U-19 Tampil Impresif, Singkirkan Timor Leste U-19

14 September 2022   16:29 Diperbarui: 14 September 2022   16:42 240 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Publik sepak bola nasional segera disuguhi lagi euforia sepak bola. Pasalnya, mulai Rabu (14/9/2022) Pasukan Garuda U-19 akan kembali mengibur publik sepak bola  Indonesia dengan meladeni Timnas Timor Leste U-19 dalam laga pembuka Grup F, Babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup  yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Tidak meremehkan

Kendati, Timnas Timor Leste U-19 yang akan dihadapi, sudah diketahui rahasia dapurnya, Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong (STy) tetap memberikan peringatan kepada skuat Timnas Indonesia U-19. STy mengharamkan para pemainnya untuk tidak sedikitpun meremehkan kekuatan Timor Leste yang saat ini diasuh oleh pelatih Gopalkrishnan A S Ramasamy.

STy juga menganggap Pasukan Gopal memiliki gaya permainan yang misterius. Namun, STy yakin skuatnya bisa meraih hasil maksimal pada laga pembuka nanti. Bahkan STy menyebut:

"Timor Leste makin baik timnya dan saya telah menonton pertandingan mereka di Piala AFF U-19 2022. Kami tidak boleh lengah dan akan mempersiapkan tim dengan baik," kata STy dalam konferensi pers di Surabaya, Selasa (13/9/2022).

Laga awal, tetap jangan coba-coba

Seperti diungkap oleh STy, pasukan Timor Leste U-19 memang saya prediksi akan merepotkan Marselino dkk. Bila anak-anak Indonesia lengah, lalu ada yang bermain egois dan individualis, maka Timor Leste dapat memberikan ancaman Pasukan Garuda U-19.

Kendati, STy menyebut ke-23 pemain yang ada dalam skuatnya benar-benar murni pilihan dia, publik sepak bola nasional sangat ingin STy membuktikan ucapannya. STy benar-benar menurunkan para pemain yang dapat membayar kepercayaan STy. STy pun tidak coba-coba dalam menurunkan skuat terbaiknya.

Membandingkan dengan Pasukan U-16

Laga pembuka skuat Timnas U-19 juga benar-benar ditunggu publik sepak bola nasional. Pasalnya, banyak masyarakat pecinta sepak bola nasional yang ingin membandingkan pasukan STy dengan pasukan Bima Sakti, Timnas U-16 yang baru saja memberikan kado bagi HUT RI.ke-77, yaitu Juara Piala AFF U-16 2022.

Apakah penampilan impresif nan cerdas TIPS pasukan Timnas U-16 polesan Pedagogi ala Bima Sakti, akan juga ditampilkan sama impresifnya oleh skuat U-19 yang dipoles STy?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan